[Sabtu Nongkrong] Kader Peduli AIDS Temanggung dalam Gerakan Anti Narkoba

Halo selamat siang! Memang bukan hari Sabtu, tapi hari ini saya mau berbagi sedikit hal tentang apa yang telah saya dapatkan di Penyuluhan Kader HIV-AIDS-NARKOBA untuk remaja yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Februari 2016.

image

Acara ini diadakan oleh KPA (Kader Peduli AIDS) Kelurahan Banyuurip, Temanggung dengan menghadirkan Lurah Banyuurip April Pranoto, Ketua KPA Banyuurip Budi Harso, Arlinda Fety dari BNN Kab. Temanggung, dan Agus Anam yang biasa dipanggil Pak Agus AIDS yang merupakan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Temanggung.

Sekitar pukul 16.15 acara ini dibuka oleh MC dengan menjelaskan alasan kenapa remaja-remaja di RW 01 ini dikumpulkan.

Narkoba, HIV, dan AIDS merupakan ancaman terbesar remaja zaman kini. Oleh sebabnya dengan diadakan kegiatan ini, para remaja diharapkan mengetahui bahaya narkoba sehingga tidak ada remaja yang mencoba-coba. Bukan hanya RW 1 yang mengikuti penyuluhan ini. Nantinya akan merambah hingga RW 04. Sehingga Kelurahan Banyuurip ini bisa terhindar dari narkoba.

Kemudian sambutan dari Ketua KPA Banyuurip, Budi Harso. Dalam sambutannya, beliau mengatakan betapa bahayanya pergaulan bebas. Oleh sebabnya beliau menghimbau para hadirin yang merupakan remaja, “Kalau punya pacar ya punya yang baik. Pacaran yang positif. Bolehlah pacaran. Kan tergantung pribadi. Tapi jangan sampai salah memilih.”

Budi Harso menjelaskan mengenai KPA yang merupakan Kader Peduli AIDS dan Narkoba. Oganisasi kecil ini berdiri bulan November tahun 2016. Organisasi ini hanya bergerak di Kelurahan Banyuurip. Kalau yang lebih besar itu BNN. Organisasi ini akan membantu dalam menggiatkan gerakan Anti-Narkoba. Sehingga jikalau warga Banyuurip ada yang tergoda, boleh berkonsultasi kepada KPA Banyuurip. Boleh juga meminta informasi mengenai bagaimana konsultasinya dan sebagainya. Bisa minta secara lebih detail kepada orang-orang dari BNN atau kami (KPA Banyuurip)

Tidak perlu takut rahasianya diketahui orang lain. Kalau tidak bisa cerita ke orang tua bisa cerita ke kader-kadernya. Bagaimana kok sudah terlanjur? Atau konsultasi lain, bisa cerita ke kami. Sehingga tidak akan terlanjur lebih jauh dan tidak terlibat hukum. Kami menjamin rahasia. Begitu janji beliau untuk menjaga remaja di lingkungan Banyuurip.

image

Selesai dengan sambutannya, Budi Harso digantikan oleh Arlinda Fety dari BNN Kab. Temanggung. Wanita berambut sebahu ini menjelaskan alasan mengapa dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, hanya ada 7 kantor BNN.

Ternyata 7 dari 35 kota di Jawa Tengah ini merupakan kabupaten/kota paling rawan narkoba. Yaitu Kabupaten Kendal, Batang, Purbalingga, Cilacap, Temanggung Banyumas dan Kota Tegal.

Membahas mengenai Temanggung, 33 orang setiap hari meninggal karena narkoba. Sehingga kita memiliki tugas untuk menurunkan penyalahgunaan narkoba.

Bahkan Presiden Jokowi juga telah mengatakan Indonesia gawat darurat narkoba. Seperti di UGD rumah sakit, setiao orang yang masuk ke UGD harus segera ditangani sebelum terlambat lebih parah.

Data pada tahun 2016 menyebutkan sekitar 4,2 juta penduduk Indonesia terkena narkoba. Mulai dari 0-60 tahun. Bahkan bayi di—kalau tidak salah—Kalimantan Timur telah terkena narkoba. Ini terjadi karena si bayi meminum ASI ibunya yang ternyata menggunakan sabu.

Data penyalahgunaan narkoba 2017 memang belum keluar, namun dapat diprediksi akan ada 5 juta orang yang terkena. Pada usia anak akan meningkat 300%. Bulan Januari hingga Februari ini sekitar 30 remaja telah direhabilitasi. Semua sekolah telah terindikasi memiliki murid yang terkena narkoba. Jadi bukan salah sekolahnya atau pendidiknya tapi lingkungan yang membahayakan. Mulai dari handphone hingga pergaulan yang salah membuat remaja-remaja ini terjerumus pada barang haram.

Kemudian data menyebutkan untuk orang yang tidak bekerja, yang terkena narkoba sekitar 22%. Dan 1 : 50 orang pernah menyalahgunakan narkoba. Paling banyak di usia remaja.

Untuk menanggulangi gawat darurat Narkoba, Presiden memerintahkan 6 hal berikut.

6 Perintah Presiden:

  1. Sinergi dari semua sektor. BNN bekerja sama dengan semua pihak untuk menangkap pengedar, bandar, dan korban narkob. Mulai dari Polisi, masyarakat, hingga Jne dan kantor Pos yang bisa jadi digunakan pengedar. (Oooh pantas, paket buku saya selalu ada yang sobek)

  2. Penegakan hukum. Terutama bandar dan pengedar. Kasus terakhir, anak SMA yang menjadi bandar memiliki 400 butir pil koplo.

  3. Menutup akses masuk (laut udara darat). Maksud di sini adalah menutup untuk para pengedar dan bandar dengan mengetatkan pengawasan.

  4. Kampanye kreatif. Dengan diadakannya kampanye Anti Narkoba seperti lomba olahraga bisa membuat orang-orang terutama remaja semakin sadar akan bahaya narkoba. Mereka juga bisa menambah kreatifitas, potensi akademik maupun akademik untuk mengikuti setiap kegiatan yang diadakan. Kampanye kretif juga menggunakan sosial media seperti broadcast BBM, facebook, bakan saat ini saya bagikan lewat Blog.

  5. Pengawasan lapas.

  6. Rehabilitasi efektif.

image

Bagaimana bila penyalahguna tertangkap?

Sementara itu, tugas BNN adalah melakukan pencegahan dengan pendayagunaan masyarakat, pemberantasan, dan rehabilitasi.

Pasal 4 butir b dan Pasal 7 menjelaskan tentang narkotika. Sesungguhnya obat bius yang sering dipakai di kedokteran merupakan narkotika. Eximer dan dekstro untuk obat batuk juga narkotika. Tapi ketika digunakan secara berlebihan (tidak sesuai resep dokter), itulah yang disebut penyalahgunaan dan dapat membuat kita terjerat hukum minimal 4 tahun hingga hukuman mati sesuai di pasal 4(b) dan 7. Namun bagi yang murni korban, bisa direhabilitasi.

Ada beberapa proses yang dilakukan BNN untuk para pengguna narkoba. Proses pertama yaitu assessment. Proses ini memeriksa korban yang akan rehab. Sedangkan untuk pengedar dan penyalahguna akan di rehab dan juga dipenjara. Berbeda dengan orang yang hanya mengedarkan tanpa menggunakan. Pengedar ini akan dihukum tanpa rehab. Hukumnya bisa ke Nusa Kambangan. (Azkabannya Indonesia😆)

image

Kegiatan rehabilitasi bukan hanya mengubah orang yang kecanduan narkoba menjadi tidak lagi tercandu namun juga membuat nereka memiliki keterampilan yang dapat dimanfaatkan setelah keluar dari panti rehabilitasi

Proses yang lainnya yaitu rehab. Semua orang yang terjurumus narkoba diharap mau melaporkan ke BNN. Di sana penggun akan dilindungi tanpa dituntut. Akan dibiayai gratis untuk kehiduoan di rehabilitas. Untuk daerah Temanggung, temoat rehab baru ada tiga tempat yaitu RSUD Temanggung, RS Gunung Sawo, dan Kowangan (maaf nama tempatnya saya lupa.)

Ibu Arlinda Fety mengingatkan kalau sudah parah, bisa jadi akan dikarantina di Bogor, Makassar dan daerah lain. Jadi kalau yang mau jalan-jalan boleh masuk ke rehabilitasi ini. Tentu saja beliau bergurau.


image

Apa itu narkoba?

Apa sih narkoba itu? Kata Narkoba terdiri dari empat kata yaitu Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif.

Narkotika secara langsung menyerang sistem saraf di otak. Sangat memengaruhi perilaku atau perasaan seseorang.

image

Jenis-jenis narkoba

Gambar di atas merupakan narkoba jenis lama. Sekarang sudah bervariasi dan baru. Bahkan merambah ke rokok elektrik yang liquidnya mengandung narkoba. Rokok jenis ini telah ditemukan di Semarang.

image

Jenis LSD dan CC4 yang sangat menarik perhatian anak-anak

Selanjutnya ada LSD. Barang ini dapat membuat orang berkhayal yang buruk atau menakutkan.

image

Tembakau Gorrila, jenis narkoba terbaru

Ada juga Tembakau Gorila atau narkoba bernama kera-kera lain yang sekarang marak. Tembakau seperti ini adalah tembakau yang dicampur dengan ganja. Para remaja harus waspada dengan narkoba ini. Barang ini sudah ditemukan di Temanggung pada pelajar.

Yang di atas itu narkoba berdasar bentuk. Sekarang yang berdasar efek yaitu:

  1. Halusinogen

  2. Stimulan atau membangkitkan biasanya di diskotik. Membuat orang tidak capek tapi ketika efeknya hilang, orang itu akan langsung drop, lemas.

  3. Depresan atau menenangkan.

image

Macam-macam ekstasi

MDMP/ekstasi
Dalam otak manusia ada hormon yg memengaruhi daya pikir. Ekstasi akan membuat hormon keluar berlebihan sehingga orang akan berlaku sangat semangat. Ketika efeknya hilang, seseorang akan merasa tidak betenanga, tidur hingga berhari-berhari, denyut jantung cepat, namun juga susah tidur, serangan jantung mendadak, dehidrasi, gangguan pada otot, ginjal, hati, dan jantung.

Sabu/kristal/batu
Efek dari narkoba ini stimulan. Telah banyak beredar di Indonesia bahkan inilah yang pertama kali datang. Barang ini tidak digunakan di pengobatan (Kedokteran). Jadi, jika orang menggunakannya, ini benar-benar disebut penyalahgunaan.

Sama dengan ekstasi, sabu memengaruhi hormon kesenangan. Ketika efek hilang dia akan down, merasakan perubahan emosi, kerja otak melambat, sampai membunuh orang.

Salah satu pasien BNN yang menggunakan sabu pernah ditanya berapa umurnya. Dia menjawab 15. Namun beberapa saat kemudian dia ditanya hal sama, dia berpikir lama dan kemudian menjawab bahwa umurnya 16 tahun.


Lalu, apa sih yang membuat orang terjerumus hingga menyalahgunakan narkoba? Ada tiga hal yang memengaruhi, yaitu

  1. Individu keras kepala, penutup, tidak percaya pada orang lain
  2. Keluarga bermasalah
  3. Lingkungan memengaruhi individu untuk masuk dalam pergaulan yang salah. Awalnya dia adalah individu yang baik, namun karena salah bergaul dia jadi anak nakal dan terjerumus pada narkoba.

Maka dari itu, kita harus berusaha menjaga diri kita untuk menjauh dari hal-hal buruk. Memang yang namanya terpeleset kita nggak akan tahu kapan. Tapi mencegah terpeleset lebih baik daripada mengobati luka akibat terpeleset. Jaga orang-orang terdekat. Semakin banyak orang yang saling menjaga dan peduli, semakin banyak orang yang terhindar dari kejahatan dunia.

Narkoba itu sangat buruk. Selain membuat korban sering cemas dan paranoid/skizofrenia, di bawah ini ada dampak yang lebih buruk. Yuk disimak lewat gambar!

image

Gambar di atas adalah perbedaan hasil scan otak orang normal (tidak menggunakan narkoba) dengan hasil scan otak orang pengguna narkoba.

image

Siapa sih yang nggak tahu film Home Alone? Film itu pasti tayang minimal sekali dalam setahun di tv swasta. Tentu saja kalian semua tahu laki-laki di atas adalah pemain utama film Home Alone, Macaulay Culkin. Gambar kiri adalah potretnya ketika kecil, sebelum mengenal narkoba. Sedangkan gambar sebelah kanan adalah potretnya setelah menggunakan narkoba. Padahal umurnya baru 36 tahun, tapi sudah kelihatan sangat tua.

image

Dampak Narkoba Jenis Crocodile

Jijik sumpah. Karena narkoba jenis ini, sanga pengguna akan menyayat-nyayat bagian tubuhnya sendiri.

image

Dampak Sosial Narkoba

Selain berdampak pada fisik pengguna, narkoba juga merusak kehidupan sosial penggunanya. Pengguna narkoba akan kehilangan kesadaran berkali-kali. Seperti orang mabuk. Bagaimana jika dia sakau ketika mengendarai mobil? Tentu akan sangat banyak korban yang ditimbulkan selain pengendara itu sendiri.

Tindakan kriminal juga akan dilakukan. Karena kecanduan, sedangkan harga narkoba sangat mahal, orang akan mencuri uang orang lain untuk mendapatkan obat itu.

Hubungan dengan orang lain juga memburuk. Telah dijelaskan di atas bahwa narkoba membuat orang tidak bisa mengontrol emosi sehingga akan ada banyak perubahan dalam diri pengguna yang tidak disukai orang lain. Kemudian orang lain pun akan menjauhi dirinya.

image

Lalu, apa yang dapat dilakukan para penyalahguna narkob? Ada 3 cara.
Pertama, sakit hingga akhirnya mati. Pilih saja itu kalau nggak percaya adanya mukjizat. Tapi yang harus kita tahu, ada banyak orang yang akan membantu kamu keluar dari kecanduanmu. Kalau kamu mau. Jadi jangan pilih itu. Berjuanglah terlebih dahulu sebelum bertawakal.

Yang kedua, penjara. Seperti yang dikatakan Bapak Budi Harso di atas, kalau sudah terlanjur, mending segera melapor ke BNN untuk mendapatkan bantuan. BNN dan Polisi akan berusaha meringankan beban hukum. Jadi kalau sudah terjerumus jangan malah lari-lari kayak tikus ketangkep kucing. Mending jujur. Kalau ketangkep kan malah hukumannya berat.

image

Ayo dukung gerakan Anti Narkoba melalui sosial media!

Dan yang ketiga, rehabilitasi. Ini yang akan menjamin berkurangnya tingkat kecanduan para pengguna narkoba. Jangan takut, kalau kalian masuk ke sini, kalian memiliki harapan hidup lebih tinggi daripada mereka yang nasih berkeliaran.

Last but not least, ada satu kutipan dari narasumber kita, Arlinda Fety.

“Apa yang kita dapat hari inu adalah hasil pilihan yang kita buat di masa lalu. Apa yang kita pilih hari ini adalah apa yang akan kita dapat di masa depan.”

Sekian banyak kata dari saya, terima kasih sudah membaca. Mari kita dukung GERAKAN ANTI NARKOBA UNTUK INDONESIA!!

image

Narkoba No! Prestasi Yes!

Pesan saya, jangan jauhi orang yang terkena narkoba, tapi jauhi narkobanya. Jangan ada diskriminasi di antara kita.

Bagi kalian yang ada di Temanggung, bisa menghubungi kontak di bawah ini untuk informasi apa saja mengenai Narkoba. BNN terbuka untuk semua orang.

WA/SMS Center : 082134795904
Twitter : @bnnktmg
Instagram : bnnktemanggung
BBM : 5F6153C6

Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s