[Book Review] Puzzle of Lies by Kim Eun Jeong

Namaku Jo Yun Geon, seorang pengacara.

Beberapa hari yang lalu, Mi Hyang, temanku saat kuliah, tiba-tiba menelepon ke kantor biro hukum tempatku bekerja. Dia adalah seorang hakim dan hubungan kami sedikit rumit.

“Aku ingin kau menjadi wali,” kata Min Hyang. “Namanya Dan Tae, anak laki-laki, usia sembilan tahun.”

Sialnya, aku tidak bisa menolak saat tiba-tiba anak laki-laki itu datang ke apartemenku dan harus tinggal denganku.

Selesailah sudah kehidupan single-ku yang bebas.


image

Dok. Pribadi

Paperback, 580 pages
Published December 28th 2016 by Penerbit Haru
ISBN13: 9786026383037
Rating: ⭐⭐⭐⭐


REVIEW

STYLE
Puzzle of Lies. Aku baru memahami maksud dari judul itu setelah selesai membaca. Dan judulnya memang benar. Kepingan demi kepingan puzzle itu membentuk banyak pola kebohongan yang menciptakan alur cerita menarik. Seperti misteri namun juga cerita kehidupan penuh drama. Apalagi dari awal sampai akhir plotnya cuma dikasih tahu sedikit demi sedikit.

“Apa mereka pikir aku ini tahu tentang suatu rahasia khusus?”—hlm. 349

Sebenarnya, aku bingung mau membuat resensi seperti apa, aku suka terjemahannya, aku suka gaya Kim Eun Jeong bercerita, sama seperti ketika membaca So I Married the Anti-Fan.

Perbedaannya ada di topik yang diangkat. Kalau So, I Married the Anti-Fan itu lebih ke romance dan humor. Tapi kalau Puzzle of Lies ini lebih ke misteri dan keluarga. Yaa, sesekali ada sisipan humor yang nggak kalah asik. Apalagi kalau Dan Tae udah ngomong. Hahah.

Di Puzzle of Lies Kim Eun Jeong kembali mengangkat isu sosial. Mulai dari membilas mangkuk sekali pakai sebelum dibuang, isu sosial mengenai anak yatim piatu yang direndahkan di Korea, hingga polisi yang sudah bertindak cepat tapi tetap saja dimaki masyarakat. Mirip Indonesia. 😅

Menurut Bang Bara, di blogpost terbarunya yang membahas tips meresensi, disebutkan kalau buku bagus akan membuat kita “Go outside of the book. Find more about the author”. Membaca cerita Puzzle of Lies, disebut beberapa kali tentang lukisan Mondrian. Lukisan itu dimiliki oleh Yun Geon dan disukai oleh Dan Tae. Karena penasaran, aku pun mencari tau tentang lukisan itu. Sayang di google nggak ada gambar yang mirip dengan yang ada di cerita.

“Lukisan tersebut adalah lukisan vas bunga karya Mondrian yang dilukis kembali secara abstrak.”

Lukisan itu memang nggak sering disebut oleh Kim Eun Jeong, tapi ternyata memiliki emosi tersendiri.

CHARACTERS
Hal yang kusuka dari Kim Eun Jeong adalah ia selalu berhasil mendeskripsikan keadaan tokoh dengan baik. Entah di masa lalu atau pun di masa kini. Rasanya ketika aku mengetahui kalau Jo Yun Geon itu yatim piatu saja aku sedih.

Jo Yun Geon yang tidak menyukai anak-anak harus hidup serumah dengan Dan Tae. Ini seperti titik balik hidup Yun Geon. Karena suatu kebohongan yang terungkap, Yun Geon pun berubah.

“Anak-anak membuat segala situasinya menjadi kesalahan orang deqasa, meskipun sebenarnya bukan kesalahanku.”—hlm. 51

Karakter Yun Geon yang egois, gengsi selangit, tapi punya masa lalu yang bikin simpati hingga empati berhasil menyentuh perasaan. Tapi karakter itu pun berkembang sedikit demi sedikit menjadi sosok yang lebih baik. Bikin terharu karena tanpa disadari, kehadiaran Dan Tae di hidup Yun Geon-lah yang mengubah dirinya.

“Senyum Dan Tae itu langsung terekam di ingatanku. Lalu aku semakin takut dengan diriku sendiri. Aku takut kalau aku ingin memiliki anak ini.”—hlm. 280

Karena menggunakan POV 1, pergolakan batin tokoh berhasil menarik emosi saya. Kadang (seringnya) Yun Geon akan sangaat menyebalkan. Tapi kalau sudah membicarakan masa lalunya, dia akan sangat menyedihkan. Apalagi membicaran Dan Tae.

“Eun Je memang bahagia saat ini, tapi dia lebih bahagia saat bersama denganmu?”—hlm. 95

Romansa Jo Yun Geon di masa lalu bersama Eun Je diceritakan dengan cara menyedihkan. Berbeda dengan masa kininya bersama In Yeong. Masa kini ia lebih sering ketawa karena mereka sering saling menggoda. Uh.

Dari awal sudah disebut-sebut soal Dan Tae. Dia ini anak laki-laki yang polos dan malah sering bikin lawan bicara ketawa mulu. Anak kecil mana sih yang nggak bikin orang lain ketawa tiap dengar apa yang diceplosin? Dan Tae juga gitu. Contohnya ketika Jo Yun Geon mau mengorek keterangan dengan sedikit menakut-nakuti, Dan Tae malah menjawab, “Paman tahu tidak, kalau penghuni paling banyak di neraka adalah pengacara?”—hlm. 329

Tapi Dan Tae ini punya pemikiran dewasa. Beberapa kali ucapannya bikin ketawa dan beberapa kali ucapannya bikin terdiam karena rasanya seperti nggak nyangka anak 9 tahun bisa ngomong gitu.

Yang disayangkan dari karakter Yun Geon setelah ia mengungkap rahasia adalah dia jadi seperti laki-laki cengeng jika menyangkut hal-hal tentang Dan Tae.

“Apa aku masih normal kalau berkonsultasi masalah percintaan dengan anak kelas 3 SD ini?”—hlm. 533

Dalam cerita ini, Dan Tae muncul dari awal sampai 2/3 bab. Selanjutnya dia sempat menghilang. Lagi-lagi saya merasa sayang, soalnya di blurb-nya aja nyeritain Yun Geon dan Dan Tae, masa keeksisannya memudar?

Gregetnya cerita ini ada pada banyaknya tokoh yang membuatku sulit menebak siapa dalang dari semua kejadian yang menimpa Yun Geon setelah Yun Geon menjadi wali dari Bapak Tua. Pengecohnya banyak. Terutama di pemikiran Yun Geon sendiri. Semakin Yun Geon berpikir, semakin aku memikirkam hal yang sama sehingga aku pun ikut menjadi bodoh. 😕

image

Bagus mana sama yang di atas? Yang ini editannya berantakan 😪

PLOT
Spekulasi gila atau twist yang membuatku syok muncul di dua bab akhir. Membuatku mengernyit bingung, ini cerita udah mau berakhir eh masih sempat-sempatnya bikin spekulasi gila. Bikin tercengang walau pun aku sudah diwanti-wanti Kak Aya kalau ada twist di sana. Grrr!

“Mungkinkah kebenaran yang disampaikan itu adalah sebagian dari apa yang tidak kudengar 10 tahun yang lalu. Lalu sebagai gantinya dan Tae Yang Mendengarkan hal itu.” 237

ENDING
Apa bagian yang itu bisa disebut ending? Sepertinya ya. Kesan keluarga yang sudah dibangun beratus-ratus halaman sebelumnya membuat ending ini terasa menyedihkan. Takut hal buruk akan menimpa tokoh. Ini diluar dugaanku kalau akan ada bagian seperti itu. Bagian di mana Yun Geon benar-benar telah menjadi orang yang membanggakan. Akhirnya pertahananku jebol. Huh. Ini karena emang lagi baperan.

Setelah kejadian itu, buku ini diakhiri oleh cerita yang tenang. Seakan-akan semua permasalahan di hidup sudah hilang dari peredaran. Padahal hari baru Jo Yun Geon baru akan dimulai. 😈

Yup, sebelum buku ini ditutup, Yun Geon sudah merubah mindset-nya.

“Ruang tamu yang kosong itu membuatku merasa kesepian. Sampai kapan aku harus hidup seperti ini? Apa aku sanggup?”—hlm. 480

KEY OF THE STORY
Kunci dari cerita ini adalah pengacara selalu berusaha sekuat tenaga demi klien. Tak peduli benar atau salah. Yang penting menang bukan kalah.

“Pengacara hanya berjuang demi kliennya. Tidak penying apakah kliennya itu seseorang yang tidak bersalah atau pelanggar aturan.”—hlm. 5

Kunci lain, yaitu mengenai surat yang berisi larangan untuk percaya pada siapa pun sebelum Yun Geon membuka suatu kotak. Inilah genre misteri-nya hoho.

SHORTAGE
Alurnya yang lambat bikin lama bacanya. Dan rasanya terlalu diulur-ulur.

FAVORITE
Aku suka buku ini karena cerita keluarganya bikin terhanyut. Karakternya kuat dengan narasi-narasi ringan. Juga quoteable! He-he.

Favoritku itu bagian Jo Yun Geon godain In Young pake kalimat, “Kau ini tidak tahu malu sekali. Kau akan berbicara seperti itu terus kepada calon suamimu?” kyaaaa!!! Asem. Aku kaget banget Yun Geon ngomong gitu. Nggak nyangka haha. Bikin berekspektasi tinggi sama kisah cinta mereka.

image

#Haru6ig

OVERALL
Kalimat “Haengbokhaseyo” yang tertera di halaman pertama buku ini beserta tanda tangan Kim Eun Jeong adalah doa. Karena aku memang senang telah membaca cerita ini.

Karena membaca cerita ini, aku pun ingat akan materi sosiologi bahkan sempat kepikiran, “Kayaknya enak jadi pengacara.”.😆

Seharusnya sih aku baca buku ini semester lalu. Tepat ketika pelajaran sosiologi membicarakan tentang hukum. Soalnya dari permasalahan Jo Yu Geon aku bisa paham dengan proses hukum.

Buku ini memperlihatkan permasalahan yang dialami tokoh semakin banyak, dan itu semua ada hubungannya dengan Dan Tae. Oleh sebab itu aku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca cerita ini. Karena alurnya lambat dan bukunya tebal.

Family drama-nya kental dan banyak. Berbanding terbalik dengan kisah romance-nya yang bagaikan bumbu pelengkap walau itulah latarbelakangnya.

“Apakah masa lalu yang sudah ditinggalkan itu bisa dilanjutkan kembali ke kehidupan saat ini? Aku tidak pernah memikirkan bahwa hal itu bisa dilakukan atau pantas untuk dicoba. Aku bahkan tidak pernah membayangkanbahwa hal itu memungkinkan.”—hlm. 203

RECOMMENDATION
Kamu fans K-Iyagi atau Kim Eun Jeong? Atau butuh bacaan bersetting Korea dengan laki-laki sebagai tokoh utama? Atau kamu lagi pengen baca cerita keluarga? Baca buku ini!


image

Ada 5 buku yang mau dibagiin lho! Yuk ikuti blogtour serentaknya!

GIVEAWAY
18 – 22 Januari 2017 pukul 23.59 WIB
Indonesian Shipping Only
Not For Giveaway Account

Dalam rangka ultah Penerbit Haru yang ke-6 (Yeay! Say greetings!🎉🎉), ada satu eksemplar novel Puzzle of Lies persembahan Penerbit Haru yang akan dikirim kepada pemenang giveaway di Red Blue Story

How to get it?

  1. Follow akun (boleh pilih salah satu)*Follow akun twitter @penerbitharu dan @p_ambangsari

    *Follow akun instagram @penerbitharu dan @p_ambangsari

    2. Follow blog Red Blue Story lewat wordpress atau email yang ada di sidebar

    3. Share info ini di twitter atau instagram, mention akun-akun di atas dan sertakan hashtag #PuzzleofLies #Haru6ig.
    Boleh juga dibagikan di media sosial lain dengan cara yang sama😁
    Kalau instagram, repost foto di akun saya yang membahas resensi buku Puzzle of Lies

    4. Tulis komentar di bawah ini
    Nama:
    Link Share:
    Pilih satu pertanyaan di bawah ini dan jawab dan alasannya!

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    *Belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri tau aku SATU buku Penerbit Haru yang pengen kamu baca!

Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan mention saya di twitter/instagram

*)Bedakan antara kata “atau” dan kata “dan
GOOD LUCK!!😀

Iklan

42 thoughts on “[Book Review] Puzzle of Lies by Kim Eun Jeong

  1. Nama : Ervan setiawan
    Twitter : @saidrha
    Link: https://mobile.twitter.com/Saidrha/status/821506727891927045?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9721032722

    Jawaban :

    Karena aku belum memiliki Buku Terbitan Penerbit Haru
    Aku rekomendasikan buku :

    The Chronicles of Audy: 4R,
    The Chronicles of Audy: 21,
    The Chronicles of Audy: 4/4, and
    The Chronicles of Audy: O2.

    Buku ini best seller siapa tau aja cocok.

    Bonus tambahan :

    My boyfriend’s wedding dress
    4 Ways To Get A Wife
    Cheeky Romance
    Sweet Melody
    Seoul Cinderella
    Oppa and I
    Oppa and I love Mission
    Oppa and I : Love Sign
    So I married the anti fan
    My Name is Kim Sam Soon

    Semoga ada yg suka !
    Walaupun aku belum punya satupun tapi tetap ngincar bukunya dari dulu 🙂

    Suka

  2. Lina Ernawati berkata:

    Nama: Lina Ernawati
    Link share:

    >Belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri tau aku SATU buku Penerbit Haru yang pengen kamu baca!

    The Chronicles of audy series! Jatuh cinta sama desain covernya, seperti digambar menggunakan spidol. Warna covernya juga cokelat membuat novel ini menjadi berbeda.
    Beberapa kali baca review dan rekomendasi dari teman, banyak yang bilang series ini wajib dibaca karena bagus banget dan saya pengen banget baca tapi belum kesampaian sampai sekarang juga.

    Suka

  3. Nama: Feby Aulia Ayundita
    Link share: https://twitter.com/Febyaulia316/status/821540532249718789

    Belum pernah baca😟, tapi pengen banget baca terbitan penerbit haru yang judulnya Gantung karya Nadia Khan, itu sinopsisnya bikin aku penasaran banget. Tentang persahabatan 4 cowok yang punya etika; tidak boleh memiliki pacar. Cuma boleh seneng-seneng doang, itupun harus dibagi empat. Gilak! Itu maksudnya gimana coba, dan jika melanggar akan ada risiko yang fatal bahkan mematikan. Aku pengen tau banget risikonya itu apa, sefatal dan semematikan apa? Huuuaah pengen banget baca Gantung😂

    Suka

  4. Nama: Maya Elfiani Yudistira
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/821539500635455488

    Karena aku udah pernah baca beberapa buku terbitan penerbit haru, aku merekomendasikan novel seri The Chronicles of Audy. Novel ini tuh udah paket komlplit. Ada tentang keluarga, romance bahkan komedi.Karakter2nya juga oke, apalagi rafael yang rasanya pengen dibungkus trus dibawa pulang haha #digamparaudy
    Pokoknya novel seri ini rekomended banget!

    Suka

  5. Nama : Mifta Rizky
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/821547367132368896

    Karena belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru, kalau diberi kesempatan baca pasti aku pilih seri The Chronicles of Audy, banyak yang bilang novel ini bagus, paket lengkap, ada lucu, ada sedihnya, ada romance nya, ada unsur keluarganya. Setelah aku cek di goodreads semua kasih bintang lima, malah makin penasaran sebagus apa novel ini.

    Suka

  6. Nama: Rosi Eksa
    Link Share: https://mobile.twitter.com/rosieksa/status/821548180026183680

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1207532645994905&id=100002145431487&ref=bookmarks

    >Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!
    => Sudah! Membaca tadi katanya kaka ‘tercengang’ (dibold) waktu bava twist di novel ini, aku rekomendasi novel Holy Mother-nya Akiyoshi Rikako. Kenapa? Mungkin nanti kata tercengang nggak cukup hanya dibold doang hehe 😀
    Tidak ada romance antara laki2 dan perempuan, tapi hubungan ibu dan anak di sini sumpah bikin pengen mewek, baper sejadi-jadinya…
    Dan novel ini juga aku dibuat merinding tentang bagian mayat-mayatnya. Rekommended deh! 😆

    Suka

  7. Bety Kusumawardhani berkata:

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/821558613160259584?p=v

    Aku pernah membaca buku-buku terbitan Haru, aku akan merekomendasikan Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako karena:

    1. Ketika membaca novel ini, pembaca akan merasa seperti menonton film karena pendeskripsian begitu nyata dan alurnya mudah dipahami.

    2. Akiyoshi Rikako terkenal sebagai Master of Tricker, novelnya selalu mengandung plot twist yg mencengangkan sehingga bikin penasaran dan sulit ditebak.

    3. Pembaca harus bisa berpikir kritis untuk menebak endingnya dengan menemukan petunjuk di setiap babnya. Seperti memasang banyak puzzle sehingga membentuk gambar yg benar.

    4. Bahasa terjemahan sangat mudah dipahami dan tidak ada typo.

    5. Novel ini membuat pembaca belajar tentang budaya dan bahasa Jepang.

    6. Novel ini best seller dan sedang dalam proses pembuatan filmnya.

    7. Setelah membaca buku ini, pembaca langsung ketagihan untuk membaca karya Akiyoshi Rikako lainnya (Holy Mother dan the Dead Returns)

    Suka

  8. Alifyah berkata:

    Nama : Alifyah
    IG : @alfyh911
    Link Share :

    #Rensta #Repost: @p_ambangsari via @renstapp ··· “ #blogtour #giveaway #PuzzleofLies #KimEunJeong #Haru6ig DL 22 Januari 2017 cek link di bio ⭐⭐⭐⭐ Selamat berumur 6 tahun @penerbitharu 🍻🎉🎁 . Kalimat “ Haengbokhaseyo” yang tertera di halaman pertama buku ini beserta tanda tangan Kim Eun Jeong adalah doa . Karena aku memang senang telah membaca cerita ini. Karena membaca cerita ini, aku pun ingat akan materi sosiologi bahkan sempat kepikiran, “Kayaknya enak jadi pengacara.”. Seharusnya sih aku baca buku ini semester lalu. Tepat ketika pelajaran sosiologi membicarakan tentang hukum. Soalnya dari permasalahan Jo Yu Geon aku bisa paham dengan proses hukum . Buku ini memperlihatkan permasalahan yang dialami tokoh semakin banyak, dan itu semua ada hubungannya dengan Dan Tae. Oleh sebab itu aku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca cerita ini. Karena alurnya lambat dan bukunya tebal. Family drama -nya kental dan banyak. Berbanding terbalik dengan kisah romance -nya yang bagaikan bumbu pelengkap walau itulah latarbelakangnya. “Apakah masa lalu yang sudah ditinggalkan itu bisa dilanjutkan kembali ke kehidupan saat ini? Aku tidak pernah memikirkan bahwa hal itu bisa dilakukan atau pantas untuk dicoba. Aku bahkan tidak pernah membayangkanbahwa hal itu memungkinkan.”—hlm. 203 . – RECOMMENDATION – Kamu fans K-Iyagi atau Kim Eun Jeong? Atau butuh bacaan bersetting Korea dengan laki-laki sebagai tokoh utama? Atau kamu lagi pengen baca cerita keluarga? Baca buku ini! ”

    A post shared by ALIFYAH (@alfyh9) on

    Sebelumnya, Happy birthday Penerbit Haru 🎂🎉🎁
    Teruslah menerbitkan novel-novel yg luar biasa 😄

    Hehe, aku termasuk newbie dalam mengoleksi Penerbit Haru jd tidak banyak pilihan yg bisa aku pikirkan selain yg sudah aku baca.
    But, dari sekian yg aku punya, aku paling me-recommended-kan “The Chronicles of Audy” yg merupakan salah satu karya dari kak Orizuka jg terbitan Penerbit Haru 😊
    Nah, TCoA ini terdiri dari 4 seri yaitu TCoA : 4R, TCoA : 21, TCoA : 4/4, dan TCoA : O2.
    Novel ini ber-genre Family, Romance, and absolutely Comedy.
    Kenapa aku me-recommend-kan novel ini?
    Hehe, karena novel ini banyak memberikan pelajaran untuk kita semua.
    Pertama, gimana Regan (si anak sulung) bekerja untuk menafkahi ketiga saudaranya yg lain. Tak hanya itu, dia jg membiayai semua biaya perawatan tunangannya yg sedang koma, Maura.
    Kedua, cara perhatian setiap orang itu berbeda. Dalam cerita TCoA, sosok Romeo yg luarnya terkesan cuek dan jahil, tp sebenarnya dia adalah yg paling rapuh kalau sudah menyangkut keluarganya. Terlihat dari usahanya Romeo untuk mencegah kepergian si Rex (adiknya) ke Amerika untuk kuliah, sayangnya setiap usahanya itu selalu berakhir dgn aksi kocaknya. Oh iya, dia ini phobia banget sama yg namanya Shampoo (apapun jenisnya), jadi Romeo itu kalau mandi pakai sabun bayi yg 2 in 1 😂😂😂
    Ketiga, cara mencintai seseorang itu juga bisa diungkapkan dgn memberikan dukungan ke pasangan dlm hal apapun. Tidak hanya harus bersama sj atau hanya sekedar menyatakan rasa suka. Nah, ini nih yg bikin geregetan karena Rex (17 thn) mengungkapkan perasaan sukanya pada si Audy (22 thn). Rex yg notabene jenius pake banget ini (dipanggil ensiklopedia berjalan oleh Audy) menyukai Audy yg ceroboh, kikuk, dan segala-galanya. Pokoknya berlawanan banget dgn Rex. Berkat dukungan dari Rex, Audy akhirnya menemukan apa yg selama ini yg ingin dia lakukan.
    Hahh, pokoknya keren deh. Banyak scene kocak dari Romeo, scene kedekatan Audy dgn Rafael yg cukup sweet, dll. Sangat disayangkan kalau tidak membaca keempat seri novel ini.

    Suka

  9. Yanthy Chan berkata:

    Nama: Yanthy Chan
    Link Share:

    GA #PuzzleofLies #Haru6ig. cek di https://redbluestory.wordpress.com/2017/01/18/blogtour-giveaway-puzzle-of-lies-by-kim-eun-jeong/?blogsub=confirming#blog_subscription-11@penerbitharu@@p_ambangsari …😎

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Sebelumnya met ultah yang ke-6 buat @penerbitharu moga makin kece badai ke depannya. Aamiin.

    okeee…sejak mengenai haru beberapa tahun ini saya termasuk yang kena Haru syndrome hehhehhe… karena haru menerbitkan novel-novel terjemahan khususnya untuk para penulis asia. Untuk karya Kim Eun Jeong, saya ada 3 buku karyanya yaitu Cheeky Romance,So I married the anti-fan, My boyfriend’s wedding dress. Saya suka cara kim menyajikan cerita, walaupun rata-rata memang bukunya lumayan tebal. Tapi cara dia menggambarkan tokoh-tokohnya membuat saya tidak mengalami kesulitan mengimajinasikan para tokoh-tokohnya. Pas ada GA ini yeahhh… bikin penasaran. Apakah sebagus karya sebelumnya atau melebihi karya sebelumnya.

    Dan sekarang saya mau rekomen buku karya Akiyoshi Rikako judulnya Holy Mother. alasannya :

    1. Waktu itu telat ikutan GA Holy mother, karena penasaran saya cek review dari beberapa teman gmna sih kesan mereka membaca buku ini. Rata-rata positif. Saya sudah ‘terintimidasi’ dengan kover bukunya soalnya hahhahhahha… akhirnya cus,nyari di Tobuk.

    2. Kisahnya tentang misteri, keluarga, yang sedikit mengecoh saya. Akhirnya saya paham kenapa Akiyoshi di juluki master of trickery. Endingnya bikin nggak nyangka. Dari awal saya dibuat penasaran dengan keadaan psikologis Makoto, Dan hubungan Makoto dan kaoru yang sebenarnya.

    Buku Holy Mother karya Akiyoshi Rikako membuat saya merinding dengan beberapa detailnya tentang kasus pembunuhan yang terjadi. Membuat airmata saya merembes berkali-kali merasakan hubungan antara Makoto dan Ibunya. Covernya itu lho…. ampuuuuuunnn, salut deh ama Tim haru. Juara dalam hal cover…

    Suka

  10. Yanthy Chan berkata:

    Nama: Yanthy Chan
    Link Share: https://twitter.com/YanthyChan/status/821610260003749888

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Sebelumnya met ultah yang ke-6 buat @penerbitharu moga makin kece badai ke depannya. Aamiin.

    okeee…sejak mengenai haru beberapa tahun lalu saya termasuk yang kena Haru syndrome hehhehhe… karena haru menerbitkan novel-novel terjemahan khususnya untuk para penulis asia. Untuk karya Kim Eun Jeong, saya ada 3 buku karyanya yaitu Cheeky Romance,So I married the anti-fan, My boyfriend’s wedding dress. Saya suka cara kim menyajikan cerita, walaupun rata-rata memang bukunya lumayan tebal. Tapi cara dia menggambarkan tokoh-tokohnya membuat saya tidak mengalami kesulitan mengimajinasikan para tokoh-tokohnya. Pas ada GA ini yeahhh… bikin penasaran. Apakah sebagus karya sebelumnya atau melebihi karya sebelumnya.

    Dan sekarang saya mau rekomen buku karya Akiyoshi Rikako judulnya Holy Mother. alasannya :

    1. Waktu itu telat ikutan GA Holy mother, karena penasaran saya cek review dari beberapa teman gmna sih kesan mereka membaca buku ini. Rata-rata positif. Saya sudah ‘terintimidasi’ dengan kover bukunya soalnya hahhahhahha… akhirnya cus,nyari di Tobuk.

    2. Kisahnya tentang misteri, keluarga, yang sedikit mengecoh saya. Akhirnya saya paham kenapa Akiyoshi di juluki master of trickery. Endingnya bikin nggak nyangka. Dari awal saya dibuat penasaran dengan keadaan psikologis Makoto, Dan hubungan Makoto dan kaoru yang sebenarnya.

    Buku Holy Mother karya Akiyoshi Rikako membuat saya merinding dengan beberapa detailnya tentang kasus pembunuhan yang terjadi. Membuat airmata saya merembes berkali-kali merasakan hubungan antara Makoto dan Ibunya. Covernya itu lho…. ampuuuuuunnn, salut deh ama Tim haru. Juara dalam hal cover…

    Suka

  11. imratnasr berkata:

    Nama: Ratna Komalasari
    Link Share: https://mobile.twitter.com/imratnasr/status/821638820865146882

    Novel-novel dari penerbit Haru itu bagus-bagus semua sih, tapi novel teratas yang paling bagus versi aku itu YOU ARE MY MOON KARYA ROMPAENG (sorry capslock jebol wkwk😂)

    Cerita di You Are My Moon ini mengalir seperti air, enak banget dibacanya dan selalu bikin aku senyam-senyum gaje kaya orang gila, karena di cerita ini bukan hanya ada cinta-cintaan aja tapi ada Humornya! Reccomended banget buat yang lagi galau ditinggal gebetan wkwk😁. Lagipula di cerita ini kita seperti akan diajak pergi ke Thailand, soalnya pemeran utamanya yaitu Juntharakan seorang Bangsawan yang sangat tampan, uhh setampan Mario Maurer gak ya? Hahaha😄 Aku juga jadi lebih mengenal gelar-gelar bangsawan saat membaca cerita ini. Pokoknya cerita ini tuh komplit pake banget, Sedih? Dapet!
    Bikin ketawa? Dapet!
    Bikin baper? Dapet!
    Bikin senyam-senyum? Dapet!
    Bikin cinta sama Jun juga dapet!

    Yang gak terlalu suka sama Thailand Drama atau Thailand Novel, ini bisa jadi referensi baca kalian! Coba baca dan pasti ketagihan banget! Kali aja kalian berbelok menjadi pencinta Thailand (aku bangett) wkwk😂

    Dan, Happy Brojol Day buat Penerbit Haru! Yeaaay! Udah ultah ke-6 yg berarti Haru udah bisa masuk SD! Tingkatan nya jadi lebih tinggi yg berarti Haru udah bisa baca *apasih. Intinya semoga bisa menjadi penerbit terdepan yang menerbitkan novel-novel terbaik se asia!

    Suka

  12. Nama: Kiki Suarni
    @Kimol12
    Link: https://twitter.com/Kimol12/status/821718898642862080

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Aku uda baca novel terbitan HARU. Aku rekomendasikan novel The Girls In The Dark karya Akiyoshi Rikako. Pengarang satu ini memang terkenal lihai dalam menggarap gendre teka-teki mistery dengan twist ending. Dan Girls In The Dark adalah salah satu masterpiecenya. Tambahan lagi karena novel ini akan di angkat ke layar lebar dan sudah digarap dengan sang novelis sebagai penulis naskahnya juga. Akan dirilis dalam waktu dekat. Trailernya juga sudah ada di youtube:

    >>https://m.youtube.com/watch?v=Xt0aLr8BrbE

    Selamat hari jadi HARU KE 6 #HARU6IG
    Semoga makin sukses dan memberikan inspirasi melalui buku-buku terbitannya. Jangan pernah bosen buat menerbitkan dan menerjemahkan novel-novel Asia.

    Terima kasih.

    Suka

  13. Nama: Nana
    Link Share: https://twitter.com/choco_ba_nana/status/821754829789806595

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Aku mau rekomendasi novel terjemahan Jepang “Girls in the dark” karyanya Akiyoshi Rikako. Novel ini dari awal sinopsisnya aja udah menarik banget. Ada satu cewek anggota klub sastra bernama Shiraishi Itsumi yang terbunuh. Lalu salah satu dari enam anggota klub sastra digosipkan membunuh Itsumi. Akhirnya anggota klub sastra mengadakan pertemuan dan mereka membuat pengakuan masing-masing mengenai Itsumi dari sudut pandang mereka.

    Ini novel membuat kita nggak bisa berhenti baca, bahkan sekadar untuk makan atau nyemil. Kenapa? Soalnya di tiap chapter ada ‘twist’ yang nggak terduga. Bikin kita capek mikir siapa pembunuh sebenarnya, tapi di sisi lain bikin kkita excited juga.

    Ini novel recommended banget lah pokoknya. Karya Akiyoshi sensei yang lain juga kece, tapi menurut saya tetep ini yang paling TOP! Harus baca!

    Suka

  14. Rani W berkata:

    Nama : Rani W
    Link Share : https://www.instagram.com/p/BPakAM4B00V/

    Pertama-tama, ku ucapin dulu Selamat Ulang Tahun buat penerbit haru yang ke 6. Selamat ya!

    Nah setelah mengecek-ngecek blog Tya tentang novel penerbit haru, sepertinya Tya suka sama K-iyagi dan sepertinya Tya belum baca novel ini, jadi aku merekomendasikan novel K-iyagi haru yang belum lama ini terbit, Man of Pure Love.

    Sesuai judulnya, novel ini bercerita tentang cinta suci seorang laki-laki kepada teman sepermainannya sedari kecil. Sekitar belasan tahun lamanya *cowoknya setia abis* dan cintanya cuma buat satu wanita itu aja.

    Diawal, pembaca bakal dibuat geleng-geleng kepala karena ngeliat kelakuan dua pemeran utama yang selalu bertengkar dan pertengkarannya itu malah lucu, jadi kaya ada manis-manisnya gitu.

    Seperti biasa, baca novel K-iyagi haru serasa nonton drama korea lewat buku. Novel ini juga mengupas sisi para seleb korea yang mungkin masih sedikit orang tau.

    Dan endingnya menurutku nggak mengecewakan. Mantep.

    Novel ini sangat cocok lah, buat Tya yang pecinta drama korea *sok tau dan sok akrabnya mulai keluar /plak* tapi beneran deh, novel ini recommended banget, nggak akan nyesel bacanya, terhanyut gitu, terjemahannya juga asik banget cara pembawaannya. Sangat di rekomendasikan.

    Oke, sekian pidato, eh rekomendasi dari aku, semoga berkenan ^^.

    Suka

  15. Insan Gumelar Ciptaning Gusti berkata:

    Nama: insan gumelar cipraning gusti
    Link Share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/821808456327802880
    Pilih satu pertanyaan di bawah ini dan jawab dan alasannya!

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Jujur, baru sedikit buku dari penerbit haru yang aku punya. Jadi daripada yg lain, enggak banyak yg bisa aku rekomkan dan mungkin aja buku ini juga sudah jauh pernah kakak baca sebelumnya.
    Dari semua buku haru yg aku punya aku merekomendasikan Girls in the Dark.
    Kenapa? Karena waktu baca buku itu awalnya aku enggak tertarik. Apa sih kok ceritanya kayak buku diari gini? Terus langsung aku skip ke halaman tengah, berlanjut bentar. Pokok lompat-lompat. Sampai aku sadar bahwa itu bukan sekedar ‘buku diari’, jadi aku baca dari awal lagi dan aku sangat amat kesal sekaligus takjub sama wakil ketuanya. Bagaimana dia bisa menyusun waktu dan keadaan yg seauai dengan rencananya. Bagaimana dia bisa melakukan semua itu hanya karena ingin menjadi pemeran utama. Pokok setelah baca bab akhir baru rasanya ingin teriak dan banting bukunya. Berasa ketipu abis sama cerita. Mungkin kakak sendiri merasakan hal sama waktu baca. Hehehe..
    Maka dari itu aku aja sampai kebelet banget beli seriesnya dan baru kebeli baru-baru ini..
    Rekomendasiku mungkin receh karena kakak pasti udah baca dan reviewannya lebih menarik. Apalah aku yg hanya sebutir nasi 😓😓

    Suka

  16. Nama: Kitty
    Link Share: https://twitter.com/WoMomFey/status/821816474977173504

    Aku sudah pernah membaca beberapa buku dari Penerbit Haru. Dan jujur aja, aku suka banget karena Penerbit Haru lebih fokus ke buku-buku karya penulis Asia, jadinya aku bisa kenal penulis Asia yang ternyata gak kalah hebat dari penulis dari daratan Amerika maupun Eropa. Bravo for Penerbit Haru! Semoga di usianya yang ke-6 tahun ini, Penerbit Haru tetap konsisten menerbitkan buku-buku keren dari penulis Asia!

    Setelah melihat-lihat dan membaca review buku di blog ini, nampaknya Tya lebih banyak membaca buku romance ya. Dan kebayakan buku Haru yang dibaca Tya adalah K-Iyagi. Tadinya aku pengen merekomendasikan Holy Mother yang jelas-jelas punya genre thriller-mystery-suspense, tapi…agaknya terlalu gore deh buatmu >.< So, aku putuskan untuk merekomendasikan sebuah M-Novel karya Ba Yue Chang An yang berjudul The Stolen Years. (review lengkap bisa dibaca di blogku: https://pelahapkata.wordpress.com/2016/02/08/the-stolen-years/ )

    Menurutku, The Stolen Years bukan sekedar romance story biasa. Novel yang bisa disebut2 masuk sub-genre sick-lit ini dijamin bakalan bikin kamu baper abis dan banyak merenung mengenai arti ketulusan cinta yang sesungguhnya. Selain itu, The Stolen Years ini juga sudah diangkat ke dalam layar lebar loh! Jangan lupa tonton filmnya juga ya setelah membaca bukunya! Dijamin kamu bakalan makin termehek-mehek deh!

    Suka

  17. Nama: Andini Ginanti Tuzzahra
    Link share: https://twitter.com/andinigt/status/821882408517521408
    Jawaban: Aku udah pernah baca novel terbitan haru, aku saranin tya buat baca you are my moon.
    Fix novel humor-romance yang bagus banget, konfliknya emang mainstream tapi gaya ceritanya itu khas, beda banget sama novel-novel yang lain jadi konfliknya itu kerasa greget banget. Belum lagi bakal nambah wawasan tentang Thailand loh, sambil menyelam hobi mendapat ilmu 😀

    Suka

  18. Arfina Tiara Dewi

    Saya pernah baca buku terbitan haru, ada beberapa di rak buku saya, dan yang paling berkesan dari semua itu seri The Chronicles Of Audy karya Orizuka.Pertama karena saya hype dengan penulisnya, Orizuka itu penulis yang saya auto-buy buku barunya wkwkwk, terus genrenya teenlit, ngga berat, ngga bikin pusing karena sebernya saya baca novel buat pelarian stres :)) terus karena gaya penulisan pov 1 Orizuka itu menyenangkan, karakter utamanya ringan dan ceria, yang let it flow. Intinya seri yang saya rekomendasiin itu terbukti bagusnya, diliat dari goodreads dan review dari yang lainwkwkwk.

    Suka

  19. Igit Elvariana berkata:

    Nama : igit Elvariana
    Link shere : https://mobile.twitter.com/igit_Elvariana/status/821958899892785152?p=v
    sudah pernah baca buku terbitan haru? SUDAH….
    Aku mau rekomendasi buat baca Novel ” I’ll be your wife” dari Jho Hyo Eun ,penerbit haru.
    Novel ini masuk ke daftar best novel haru 2016,enggak salah emang ceritanya menarik banget. Tentang jiwa yang tertukar tubuh, antara Kim Mo Rea yang masih single dengan Nyonya Seung Won yang mempunyai suami seperti pangeran namun berhati dingin terhadap sang istri. Keduanya terpaksa harus menerima takdir tersebut dan menjalan kehidupan yang berbeda. Kim Mo Rea menjalani hari-harinya dalam satu atap bersama dengan suami Seung Won yang begitu membencinya, tentu saja suami seungwon tidak mengetahui apa yang terjadi malah ia semakin benci dan muak.Tetapi lambat laun…..
    Di dalam novel ini juga di jelaskan kenapa suami sang Won begitu membencinya.kenapa tubuh Kim mo rae dan sang won tertukar dan ada hikmah di balik tertukarnya tubuh mereka.
    pokonya novel ini bagus banget enggak nyesel belinya.ada romantisnya , humor dan akan terbawa emosi saat baca novel ini.

    Suka

  20. Nama: Aulia
    Link Share: https://twitter.com/nunaalia/status/821987224195502083
    Pilih satu pertanyaan di bawah ini dan jawab dan alasannya!

    Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Sudah pernah baca So, I Married The anti-fan. Tapi pasti Tya sudah baca deh yaa kan…?

    Jadi mau kasih tau SATU buku Penerbit Haru yang pengen aku baca You are My Moon, novel thailand itu loh. Duh, dari judulnya aja udah romantis banget bikin meleleh, ngarepin ada cowok yg bilang gitu sama aku eaaaa 😀 Penasaran banget sama ceritanya.

    Suka

  21. Igit Elvariana berkata:

    Nama: igit Elvariana
    Link share: https://mobile.twitter.com/igit_Elvariana/status/822059606666944513?p=v

    sudah pernah baca buku terbitan haru? SUDAH….
    Aku mau rekomendasi buat baca Novel ” I’ll be your wife” dari Jho Hyo Eun ,penerbit haru.
    Novel ini masuk ke daftar best novel haru 2016,enggak salah emang ceritanya menarik banget. Tentang jiwa yang tertukar tubuh, antara Kim Mo Rea yang masih single dengan Nyonya Seung Won yang mempunyai suami seperti pangeran namun berhati dingin terhadap sang istri. Keduanya terpaksa harus menerima takdir tersebut dan menjalan kehidupan yang berbeda. Kim Mo Rea menjalani hari-harinya dalam satu atap bersama dengan suami Seung Won yang begitu membencinya, tentu saja suami seungwon tidak mengetahui apa yang terjadi malah ia semakin benci dan muak.Tetapi lambat laun…..
    Di dalam novel ini juga di jelaskan kenapa suami sang Won begitu membencinya.kenapa tubuh Kim mo rae dan sang won tertukar dan ada hikmah di balik tertukarnya tubuh mereka.
    pokonya novel ini bagus banget enggak nyesel belinya.ada romantisnya , humor dan akan terbawa emosi saat baca novel ini.

    Suka

  22. Nama :Dini Auliana Putri
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/822336861028818945

    Sudah. Aku mau merekomendasikan novel A & D untuk kak Tya. Kenapa? Karena buku menceritakan tentang masa putih abu-abu yang diwarnai dengan kenangan manis dan pahitnya cinta. Walaupun tema yg diangkat dalam novel ini bisa dibilang cukup sederhana namun, karena kesederhanaan itulah kita akan menemukan kejadian-kejadian menarik didalamnya. Tentang sahabat yg mencintai sahabatnya sendiri. Seorang Aaron yg tampan dan populer sedangkan Dakota dibilang cantik pun tidak apalagi populer.
    Konflik dalam buku ini juga tidak terlalu rumit sehingga kak Tya bisa membacanya di sela-sela kesibukan sebagai pelajar SMA.
    Buku ini juga memberikan pengetahuan baru tentang budaya Filipina: Harana. Sebuah tradisi di mana seorang pria merayu seorang wanita dengan bernyanyi di depan rumahnya.
    Tidak hanya itu, novel ini juga mengajarkan untuk tidak pernah berhenti berjuang dalam mendapatkan sesuatu yang memang pantas kita dapatkan.
    So, semoga tertarik ^^

    Suka

  23. Siti Martina berkata:

    Nama: Siti Martina
    Link shared : https://twitter.com/ALIRATINA/status/822353373244469248
    Sudah pernah baca buku terbitan haru?
    Sudah!

    Yang mau aku rekomendasikan adalah Cat N Dog karya dari park hee jung. Sebenarnya ini komik atau k-toon yang menceritakan tentang mo seul woo seorang pria yang berprofesi sebagai model terkenal. 10 tahun yang lalu ia di di pertemukan dengan calon istrinya yang masih bayi oleh kedua orangtuanya, namun ada kejadian tak di duga saat itu sang bayi buang air besar(*maaf ya) di depannya.

    Joo yeong woo : seorang gadis yang tinggal di desa bersama sang kakek, ia adalah calon istri dari Mo Seul Woo. Tepat saat ulang tahun sudah saatnya pernikahan mereka tiba. Namun seul woo tidak menginginkan pernikahan dengan yeong woo selain masa lalu yang menjengkelkan tapi karena ia masih terikat dengan Ha yoon. Siapakah dia? Penasaran?
    Aku suka banget k-toon ini, cerita ringan dan lucu juga menghibur banget. K-toon ini berseries kalau gk salah seri terbaru cat n dog 5. Aku niat mau terusin kelanjutan kisah mereka. Yang aku suka dari buku ini desain grafisnya keren, selain cerita yang menarik, setiap halaman ada ilustrasi full warna bisa semakin menguatkan gambaran tokoh yang dibaca. jadi enggak bosen baca(namanya juga komik)Hehehe semoga tertarik dan kalau penasaran silahkan beli bukunya^^

    Suka

  24. Nama: Rinita
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/822368600870645760?p=v

    Pilih satu pertanyaan di
    bawah ini dan jawab dan alasannya!

    Kak Tya: Sudah pernah baca
    buku terbitan Penerbit
    Haru?

    Aku: Sudah dong

    Kak Tya: Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    Aku: Berhubung kakak Tya usianya masih remaja nih ya. Aku rekomendasikan kisah remaja yg nggak ngebosenin milik haru yg satu ini. Semoga kak Tya suka, terus menangin aku deh disini #hehe
    #nyengir

    Yang aku Rekomendasikan buat kakak adalah Novel The Bet. Mengapa? Karena tidak hanya covernya saja yg keren, tapi cerita di dalamnya yang memang remaja banget juga ikutan keren. Malah Kisah “taruhan berubah cinta beneran” ini sudah aku baca dua kali lho. Interaksi tokoh utamanya (Sophie-Drake) luar biasa manis n cute. Apalagi kalau ingat Drake, rasanya aku selalu membayangkan Josh Hutcherson–ganteng itu, iya yang itu! Terus adegan main kucing-kucingan antara Andre-Driana juga seru buat di bahas. Dialog antara tokoh rasanya juga alami banget. Dan aku selalu ter-HARU tiap kali baca Quotes novel The Bet yg selalu menyentuh banget. Serius. “Kalau dia ingin bermain, ayo bermain. Aku akan membiarkannya bermain dalam permainan yang tidak akan pernah dilupakannya seumur hidup (Sophia)”
    “Saat kau sudah mencintai seseorang, kau tidak hanya Mencintai orang itu karena fisik, terutama setelah kau mengenalnya. Karena kau tidak lagi melihat mereka seperti sebelumnya. Kau melihat bagaimana pribadi mereka sesungguhnya (Drake Swift)”
    Gilakk! pokoknya Kak Tya harus coba novel ini dan siap2 ngrasain ter-HARU sambil mesam-mesem kayak Aku. Rekomended banget!

    Suka

  25. Rimadian Ulfa Y. berkata:

    Nama: Rimadian Ulfa Y (@AdinRim)
    Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/822394670365818881

    Pilih yang kedua aja, hehe..
    *Belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri tau aku SATU buku Penerbit Haru yang pengen kamu baca!

    ->> Belum pernah baca satu pun 😦 soalnya emang aku ini termasuk pembaca novel junior, hehe. Dan yang ingin aku baca ya Puzzle of Lies. Soalnya naksir covernya pada pandangan pertama, plus suka sama sekilas jalan cerita dari review di atas yg pake ada pengacara pula. Makanya aku ikut GA ini, nggak mungkin kan ikut giveaway buku kalau nggak suka bukunya, hehe. wish me luck.

    Suka

  26. Humaira berkata:

    Nama : Humaira
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/822421743444770817?p=v

    Pilih satu pertanyaan di bawah ini dan jawab dan alasannya!

    *Sudah pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri aku SATU rekomendasi buku yang sekiranya cocok buatku!

    *Belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru? Beri tau aku SATU buku Penerbit Haru yang pengen kamu baca!

    Aku udah pernah baca buku Haru, ceritanya selalu enak dan menarik buat dibaca, terjemahannya juga ok dan mengalir. Mungkin buku ini udah kemasuk bukan fresh from the oven, karena terbitnya udah hampir 5 tahun lalu, tapi aku suka. Buku itu So, I Married The Anti Fans. Bukunya rame, kayak drama-drama dari negeri asalnya, genre romcom, dan greget-gregetnya dapet menurutku.

    Ada juga Then I Hate You So yang aku suka.

    Suka

  27. Fabiola Izdihar berkata:

    Nama: Lala
    Link Share: https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/822425651852345348
    Jawaban:

    Sudah.

    Tadinya aku mau rekomen seri Audy, tapi udah banyak yang rekomen. Btw, seri itu bagus banget. Aku udah baca yang 4/4, 21, O2. Dan, tiap aku selesai baca aku kena book hangover. Itu-loh, sindrom tiap kamu baca buku bagus, rasanya itu buku berputar-putar terus di kepala kamu. Tidur kepikiran, makan kepikiran, ngapa-ngapain suka kepikiran, sampe susah buat baca buku lainnya karena feel aneh itu nggak mau ilang. Aku sampe nulis status WA-ku jadi “Romeo Rashad ❤️” saking cintanya sama itu bocah. Oke, aku halu.

    Mau rekomenin, Girls in The Dark dan The Stolen Years juga, tapi udah ada yang rekomen. Girls in The Dark udah pasti keren banget. Twist dan segala misterinya itu bikin betah ngebalik halaman buku sampe abis. Kalau The Stolen Years? Duh, dijamin kalau nggak netesin air mata ya kamu bakal guling-gulingan mikir, “kok ini cerita sedih amat?”

    So, aku mau rekomenin Her Sunny Side. Itu buku Haru entah tahun berapa, pokoknya udah lama. Dan itu pula buku Haru pertama yang aku punya, dan sukses bikin aku terjangkit Haru Syndrome. Pertama baca, aku nggak ngarep apa-apa, karena ya nggak tahu J-Lit, gitu? Eh makin dibaca makin penasaran, meski bahasa terjemahan rada kaku, tapi ceritanya itu loh yang bikin betah. Yang membuat aku tercengang adalah plot twist yang nggak disangka-sangka. Kejutan yang benar-benar kejutan, tapi nyambung dengan clue-clue yang sebelumnya udah ditebar si penulis, Osamu Koshigaya. Kehidupan pernikahan Kosuke dan Mao yang sederhana, dengan cinta yang begitu besar sangat heartwarming. Keinginan Kosuke untuk membahagiakan Mao yang begitu kuat membuat aku tersenyum-senyum sendiri. Novel ini nggak ada drama perselingkuhan or something. Kalau diibaratkan, novel ini seperti ketika kamu makan ikan yang kamu bakar sendiri dipinggir pantai dan ketawa-ketawa bareng teman-teman. Sederhana namun bagi yang merasakan, nggak sama sekali. Ada arti dan makna besar dibaliknya. Twist novel ini juga membuat aku menilainya sebagai novel yang punya ciri khas, yang mengakumulasikan indahnya novel romance dan rasa penasaran pembaca yang besar seperti novel misteri. Aku menyebutnya; misteri yang manis. 🙂

    Anyway, Happy Birthday, Haru penerbit kesayangan. ❤️

    Suka

  28. Cahya berkata:

    Nama: Cahya S.
    Link share:

    Jawaban:
    Tadinya mau nyaranin “So, I Married the Anti-fan” tapi lihat dari fotonya kan sudah punya. Jadi aku mau jawab pertanyaan satunya aja.

    Terbitan Haru yang pengen banget aku baca adalah Holy Mother dari Akiko sensei. Buset dah, aku langsung terpana dengan beberapa review yang aku baca rata-rata bilang “edan” semua haha. “Edan” dalam artian baik ya, bcuz they like it a lot. Aku jadi penasaran se-twist dan se-unpredictable apa sih ceritanya itu sampe para pembacanya dibuat speechless gitu? Lebih menarik kah dari 2 novel Akiko sensei yang sebelumnya? Beneran penasaran banget.
    Pokoknya, yang Holy Mother itu masih jadi top list #1 yang paling aku inginkan dari buku-buku terbitan Haru. But it doesn’t mean that I don’t wanna hug the other book lho ya… hihi.

    Suka

  29. wooranfanfiction berkata:

    Nama : Wulan
    Link share : https://twitter.com/wullandshawolls/status/822599464607219712

    Sudah dong. Karena aku memang pecinta buku terbitan Haru, jadi bingung mau rekomendasi yang mana, soalnya seru-seru. Tapi, dari sekian banyak novel Haru, aku rekomendasiin Cheeky Romance. Kenapa? Karena karakter kedua tokoh utamanya bener-bener bertolak belakang, namun disana letak serunya. Dan cerita yang disuguhin sang Penulisnya bikin kita, para pembaca jadi gemas sendiri. Dan kebetulannya, penulisnya sama kaya penulis Puzzle of Lies, Kim Eun Jeong.

    Sekian.

    Suka

  30. Femmy berkata:

    Nama:Femmy Adis
    Link share : https://twitter.com/Femmyadis/status/822689357756710912

    Aku belum pernah baca novel terbitan haru.

    Sebenernya aku punya banyak wishlist novel terbitan penerbit haru, tetapi karena di suruhnya satu jadi yaudahlah.
    Novel yang pengen banget aku baca adalah “Girls In The Dark”. Dari review yang aku baca menarik banget, dan review nya juga mendapatkan progress yang positif dari banyak orang.

    Aku tertarik dengan buku puzzle of lies karena alur ceritanya, aku juga penasaran dengan plot twist tak terduga di dalam novel ini.

    Suka

  31. Nama: Nur Ina
    Link Share: https://twitter.com/shikshincloud/status/822854900656717826

    Sudah baca beberapa buku terbitan Haru. Kalau disuruh merekomendasikan buku Haru yang cocok untuk kak Tya mungkin K-Iyagi dari Penerbit Haru yang judulnya Cheeky Romance.

    Cheeky Romance punya alur cerita yang ringan dan menarik. Kisahnya tentang Dokter kandungan yang super “berdedikasi” dengan pekerjaannya dan Reporter TV yang selalu sial. Awal pertemuan mereka terjadi dari kesalahpahaman sampai akhirnya mereka harus kerja bareng di salah satu projek acara TV. Dari situlah benih-benih cinta mulai tumbuh. Namun, ada hal-hal yang tidak terduga di akhir-akhir cerita. Novel ini juga diselingi komedi jadi kadang suka bikin senyum-senyum sendiri bacanya. Selain itu, kita bisa dapet pengetahuan baru dari novel tersebut. Misalnya, cara pertolongan pertama CPR, Makanan yang harus dihindari ibu hamil, dan banyak lagi. So, ga cuma menghibur tapi ada nilai edukasi juga ^^

    Suka

  32. Nama: Rizki Fitriani
    Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/823177335541141505

    karena aku belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru, dan Holy Mother adalah buku Penerbit Haru yg pengen banget aku baca.
    Karena setelah baca beberapa review di blog dan goodreads ini buku masuk best recommendd yg wajib aku baca dan udah masuk wl ku dari bbrp bulan yg lalu. Terlebih ini buku menceritakan kisah yg gak pernah aku temui sebelumnya, thriller misteri yg sukses bikin aku keliyengan karena penasaran smape sekarang. perjuangan dan hubungan ibu dan anak yg katanya complicated banget. Penasaran banget sama terjemahan Haru yg satu ini.

    Suka

  33. Nela Norhela berkata:

    Nela Norhela S

    Aku nggak tau kamu udah baca buku yg aku rekomendasiin ini atau belum, karena takut nggak sempat buat cek&ricek berhubung sinyal lagi jelek dan aku udah ngantuk *lah
    Jadi, ini cuma insting aja berharap kamu belum baca (kalau udah baca juga gapapa kali aja berbaik hati menghibahkan bukunya ke aku T.T)
    Jujur saja, aku belum pernah baca buku terbitan Penerbit Haru, karena aku agak malas dan jarang baca buku bertema Asia. Aku kesulitan membaca serta ngingetin namanya 😁 tapi, karena setahun terakhir ini aku diracuni teman ku dgn kisahnya dia tentang K-pop, dan menjejali isi laptop ku dgn K-Drama dan Dorama-nya. Aku jadi pengen baca Novel terjemahan Asia, setelah mencari tahu, akhirnya aku kepincut sama Novel2 ny Akiyoshi Rikako dan yg paling aku pengen bgt baca sekaligus yg aku rekomendasiin buat kamu, adalah Novel Girls in The Dark. Selain karena nama besar penulisnya, Akiyoshi Rikako. Aku langsung tertarik dgn kovernya yg menampilkan gadis berseragam sekolah (sama seperti salah satu alasanku mau nonton K-Drama atau Dorama adalah karena seragam sekolahnya yg keren 😂) yg terkesan horor. Terus, berhubung ini genre Thriller salah satu genre favorite ku (padahal nonton film horor aja nggak berani, sok2 an baca Novel Thriller) dan setelah baca blurb dan beberapa review nya aku langsung penasaran–novel thriller memang selalu bikin penasaran. Ini buku tentang seorang gadis cantik, cerdas sekaligus ketua klub sastra yg ditemukan meninggal tanpa diketahui dgn jelas, entah dibunuh atau bunuh diri. Lalu, semua anggotanya bertemu dalam pertemuan–yg memang sering mereka adakan, tapi karena sekaligus mengenang meninggalnya ketua klub sastra mereka, para anggotanya ini membaca sebuah karya tulis yg ternyata juga berisi asumsi2 mereka tentang siapa pembunuhnya. Dari sini aja, udah bener2 pengen dibaca ni buku, ditambah karakter2 ny sangat kuat (katanya) jadi, antara satu sama lain tokohnya itu jelas beda dan mudah dikenali, mereka juga kayak punya ciri khas gitu, ada yg seorang penulis, murid dari negara lain, dsb. Dan twist ny sangat mengejutkan(kata reviewnya) ini makin dibikin penasaran, dari beberapa review yg aku baca semua mengatakan ending ny bikin tercengang dan melongo. Karena memang penulisnya ini terkenal dengan plot twist nya yg sangat membahana badai halilintar T.T Ohya satu lagi, buku ini juga akan dibuat filmnya, wah jadi semakin pengen baca bukunya sebelum nonton filmnya. ☺

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s