[Book Review] Dermaga Masa Lalu by Ainun Nufus and Asri Rahayu MS

Kamu tak perlu menjauh
Tetaplah di situ
Aku tahu caranya mundur
Walau hatiku hancur
Mungkin kita bahagia di cerita yang berbeda
Biarlah takdir yang bercerita


image

Cover Novel | Dok: pribadi

Paperback, 217 pages
Published November 1st 2015 by Diandra Creative
ISBN13: 9786023361441
URL:
Google Play
Diandra Creative


SINOPSIS via QUOTES

“Ternyata rasa sakit itu masih ada. Sesakit itukah kamu dulu ketika aku mendiamkan dan menghiraukanmu? Masih adakah kesempatan untukku untuk bisa bersamamu? Aku tak ingin yang lain, aku hanya ingin kamu. Apa yang harus kulakukan untuk kembali mendapatkan hatimu?” —Zico (hlm. 53)

Tapi,

“Jika mencintai kamu sesakit ini, tak ingin aku mengenal rasa ini, Krystal.”—Zico (hlm. 109)

“Takdir seolah mempermainkan kita, dan di sini akulah yang paling bersalah.” —Siana (hlm. 130)

“Dulu, sekarang, dan esok kamu akan selalu jadi dermaga cintaku, Krystal.” —hlm. 157

image

Dermaga Masa Lalu di Wattpad


COVER
Siapa suka covernya? Saya juga suka. Kesan galaunya dapat. Tapi saya kurang impressed dengan back cover -nya. Soalnya si cewek senyum sih. Bakal lebih ngena lagi kalau si cewek sedih bahkan nangis. Bayanganku itu tuh Krystal gitu. ulasan macam apa ini

STYLE
Daftar isi:
Kenangan #1
Kenangan #2
Kenangan #3

Kenangan #26
Kenangan #Ekstra

Entah kenapa saya ngakak dengan judul Kenangan #Ekstra, dalam bayangan saya ini malah seperti “kenangan yang ekstra” alias saking banyaknya kenangan di masa lalu sampai tumpeh-tumpeh.

Yang kurasa, penggunaan bahasa di novel ini bukan yang gaul gitu guys, lebih ke umm semi baku tapi nggak baku-baku banget. Gimana ya… Kayak bahasa buku terjemaham gitu deh.

“Tetaplah di sisiku sampai aku yang memintamu pergi.”—hlm. 104

“Bahagia itu sederhana. Tak perlu banyak kata yang terucap, yang terpenting adalah tindakan yang nyata.”—hlm. 159

CHARACTERS
Nggak sampai 10 halaman baca, aku sudah dibuat penasaran dengan sosok yang disebut-sebut memperhatikan Krystal. Dalam bayanganku sosok inilah yang akan menyembuhkan luka Krystal. Dia sosok yang “disiapkan” penulis untuk titik balik cerita ini.

Sayangnya hanya ada dua cogan di sini, Zico dan Ben. Dua laki-laki ini mempunyai kekuatan dan kelemahan yang imbang. Namun keduanya mengisi kehidupan Krystal di waktu yang berbeda walau mereka sama-sama memperebutkan Krystal. Merekalah yang membuat inti cerita ini menjadi meruncing.

“Andai saja malam itu dia tetap diam dengan perasaannya, semua ini tak akan terjadi.”—hlm. 9

SHORTAGE
Oke baiklah, mungkin kita memang nggak bisa memukul rata, tapi cerita yang ditulis di wattpad memang rawan typo. Begitu pula dengan novel Dermaga Masa Lalu. Nggak parah kok, tapi frekuensinya cukup sering.

image

Begitu pula dengan bagian rancu. Pada halaman 9 aku benar-benar kurang paham dengan maksudnya.

FUNNY THINGS
“Terima kasih untuk makan siangnya, lain kali saya yang mengajak Anda.
“Saya menunggu undangannya, Pak Zico.
“Jangan lupa ajak Krystal juga,
“Tentu, tak mungkin saya tak mengajak pasangan saya. Dia bisa cemburu buta mengira saya pergi dengan yang lain.”—hlm. 54

“Pak Hendra memghubungi saya katanya mbak Krystal sudah sempat siuman tapi pingsan lagi. Apa ki—
“Putar balik! Kita kembali ke resort.
“Ternyata mengikhlaskan itu hanya omong kosong bibirnya saja, hatinya tetap tak bisa jauh dari Krystal.”—hlm. 148-149

Ada satu lagi bagian yang bikin ketawa terus senyum-senyum penuh arti (bahasa gue). Bagian Krystal “aneh” di akhir bab. Pasti bisa ditebak dong kalau udah baca. Tapi itu “modelnya” emang lucu kok. Bisa-bisanya Krystal kek gitu ya. Yah gimana lagi, suami istri. ups

image

Dermaga Masa Lalu di Google Play

SETTING
Setting tempat kurang jelas ditambah Krystal yang sering “melarikan diri” ke berbagai tempat. Hal ini tentu membuat saya penasaran. “Ini di mana sih?”

SIMILAR
Ada yang sadar sama quote ini:

“Karena sesungguhnya rasa sakit hati akan sembuh jika pembiat sakit hati itu datang mengobati.”

Iya, quote itu mirip sama yang ada di Critical Eleven.

PLOT
Sekalipun novel ini pure romance, tetap selalu ada teka-tekinya. Sama seperti hidup. Teka-teki itu ada pada Zico dan Ben. Sebenarnya siapa mereka? Apa yang terjadi di masa lalu mereka? Dan apa hubungan keduanya dengan Siana —istri Zico? Itulah yang membuat judul novel ini pas sekali dengan ceritanya. Menceritakan masa lalu.

Hal itu pula yang bikin aku kebayang-bayang sama apa yang akan ditampilkan penulis walau sebenarnya aku jago disuruh nebak plot he…he…he…

Alurnya cepat, atau karena aku yang terbawa arus ceritanya? Cara bercerita kedua penulis ini sudah lancar walau kita tahu ini kali pertama kak Asri nerbitin novel (nggak tahu kalau diam-diam pakai nama pena terus nerbitin novel banyak✌)

END
“Dia selalu punya alasan untuk mencintai.
Tetapi tak pernah ada alasan untuk meninggalkan.
Keluarganya adalah amanat Tuhan yang menjadi alasan dia bertahan sampai detik ini.”

Cerita ini benar-benar seperti nyata. Kesalahpahaman membuat orang kesulitan berpikir logis, membuat orang menjadi seperi “dipermainkan takdir” padahal yang bermain adalah diri kita sendiri.

RECOMMENDATION
Buat kalian yang suka cerita ringan, penuh kisah cinta serta pergolakannya, kamu bisa baca novel Dermaga Masa Lalu ini via Google Play atau memesan di Diandra Creative atau ikut GIVEAWAY ini!!


image

-GIVEAWAY-
19-25 Desember 2016 23.59 WIB
Indonesian Shipping Only

Well, ini kali pertama aku baca karya Ainun Nufus dan Asri Rahayu. Mungkin kalian sudah pernah baca beberapa karya Ainun Nufus. Bagaimana, ketagihan?

Ada satu eksemplar novel Dermaga Masa Lalu yang akan dikirim kepada pemenang setelah blogtour ini berakhir.

How to get it?
1. Follow akun twitter/instagram @nufus_ (IG: @ainunufus) @princessashr @p_ambangsari

2. Follow blog Red Blue Story lewat wordpress atau email yang ada di sidebar

3. Share info ini di twitter/instagram, mention ketiga akun di atas dan sertakan hashtag #DermagaMasaLalu.
Boleh juga dibagikan di media sosial lain dengan cara yang sama lho😁

4. Tulis komentar di bawah ini
Nama:
Domisili:
Link Share:
Jawaban dari pertanyaan:
Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?

Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan mention saya di twitter/instagram

*)Bedakan antara kata atau dan kata dan
GOOD LUCK!!!😀

32 thoughts on “[Book Review] Dermaga Masa Lalu by Ainun Nufus and Asri Rahayu MS

  1. Nama : Khaerunnisa
    domisili : Kolaka, Sulawesi Tenggara
    Link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/810617632869093376?p=v
    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini? Setelah baca Resensi ini Saya berharap bisa mendapatkan Novel Dermaga Masa Lalu ini, soalnya diriku sudah dibuat penasaran oleh sosok pria tampan yang diceritakan diatas siapa lagi kalau bukan Zico dan Ben, saya juga penasaran apa yang terjadi di bagian FUNNY THINGS “Pak Hendra memghubungi saya katanya mbak Krystal sudah sempat siuman tapi pingsan lagi. Apa ki—
    “Putar balik! Kita kembali ke resort., saya baca jadi senyum2 penasaran wkwkwk, yang ngomong disini Zico kan?. Setting tempat kurang jelas, Kalau untuk Novelnya saya berharap Settingnya bisa dijelaskan lebih jelas agar para pembaca tidak menebak nebak tentang settingnya dimana? karena jika kita menebak nebak fokus membaca kita jadi terganggu, yang tadinya ceritanya menarik, jadi kurang menarik hanya karena satu kesalahan, tapi saya berharap mbak Ainun dan Mbak Asri bisa mengalihkan kurang fokus pembaca pada bagian setting dengan hal-hal yang bisa membuat pembaca senyum2 sendiri atau ngakak sendiri dengan tingkah konyol para tokohnya sehingga masalah tentang setting yang kurang jelas bisa terlupakan dengan adanya bagian konyol itu.

    Suka

  2. Nama: Desita Wahyuningtias
    Domisili: Surakarta
    Link Share: https://twitter.com/desitaw97/status/810615222469804032

    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?
    Aku berharap dapat banyak quotes yang bikin baper, tahu gimana terombang ambingnya perasaan Krystal dengan pernah hadirnya dua cogan, Zico dan Ben dalam hidupnya [Aduh, pingin juga dihinggapi cogan2, hehe], dan dapet koleksi novel yang menggambarkan bahwa sejauh apa kita melangkah, cinta akan tetap membawa kita pada dermaga yang terus menanti seolah berada pada waktu tersendiri, tidak mengikuti perputaran waktu yang sesungguhnya berputar.

    Suka

  3. Nama: Ayu Calista
    Domisili: Jakarta
    Link Share: https://twitter.com/ayucalista18/status/810707953883942913

    Aku berharap bisa tahu apa hubungan dermaga dan masa lalu di cover buku itu. Apa masa lalu terjadi di dermaga atau dermaga malah sebagai tempat pelarian? Terus aku pengin juga tahu bagaimana tokoh tokoh ini menuntaskan masa lalunya, Karena kalau nanti aku di posisi yang sama, aku bisa belajar dari novel ini. Aku juga berharap di suguhkan plot-plot membahagiakan yang tak disangka, quote yang baper buat update status dan bisa tahu gimana akhir cinta Ben, Zico dan Krystal.

    Suka

  4. Bety Kusumawardhani berkata:

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/810784145227907072?p=v

    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?

    Aku berharap semua tokoh di novel ini bisa menjadi pelabuhan masa depan, bukan sebagai dermaga masa lalu bagi orang yg disukainya. Ketika mereka hanya menjadi dermaga, otomatis orang tsb hanya akan sebagai persinggahan cinta sementara sedangkan jika mereka menjadi pelabuhan maka orang tsb telah menemukan tambatan hatinya dan cinta mereka akan abadi. Akhirnya, Novel ini akan happy ending.

    Suka

  5. Aimatul Latifah berkata:

    Nama: A’imatul Latifah
    Domisili: Tuban
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/810633310892240896?p=v

    Ada banyak harapan setelah aku membaca review novel Dermaga Masalalu ini. Mulai dari hubungan antara Krystal dan dua cogan alias Zico dan Ben, sampai pada ending dengan siapa krystal memilih salah satu diantara dua cogan itu. Aku sangat berharap seandainya diantara kedua cogan itu tidak memiliki kekuatan dan kelemahan yang sama. Aku berharap semuanya tidak berimbang, dan aku berharap ada satu saja kelebihan yang lebih unggul diantara dua cogan ini dan membuat kekuatan mereka tidak berimbang. Dengan begitu tokoh krystal tidak akan bingung menentukan siapa yang akan dijadikan dermaga masalalunya.

    Suka

  6. Nama : Tri Indah Permatasari
    Domisili : Palembang
    Link share : https://redbluestory.wordpress.com/2016/12/19/blogtour-giveaway-dermaga-masa-lalu-by-ainun-nufus-and-asri-rahayu-ms/

    Jawaban : Berharap semoga lain kali penerbit bisa lebih hati-hati lagi sebelum menerbitkan buku. Ya, bukankah ada editor dkk…bisalah di cek dulu kalau ada typo-nya. Emang sih manusia gak ada yang sempurna tapi kita kan harus berusaha sebaik mungkin. Sayang kalau harus mengecewakan para pembaca 😂

    Selain itu sih aku berharap bisa mendapatkan novel Dermaga Masa Lalunya gratis 😆 Kenapa? Lah ya aku bingung jadi itu gimana nasib si krystal. Dia cuma punya Zico sama Ben (cogannya), nah itu si Zico ada istrinya. Jadi Krystal sama Ben? Tapi kok kayanya maincast cowoknya Zico gitu???

    Eh tapi kalau baca novel ini nanti bakalan baper gak ya?? Takutnya jadi aku ikutan menapaki dermaga masa lalu 😢

    Suka

  7. Lina Ernawati berkata:

    Nama: Lina Ernawati
    Domisili: Tangerang
    Link share:

    Saya berharap didalam novel dermaga masa lalu ini dijelaskan lebih rinci mengenai karakter masing masing tokoh, supaya saya bisa ikut masuk dan mendalami cerita ini. Dan juga dialognya jangan terlalu diperbanyak melebihi narasi ataupun sebaliknya, karena akan sangat membosankan. Dan yang paling saya harapkan adalah ending ceritanya, saya berharap endingnya berbeda dari apa yang saya pikirkan.

    Suka

  8. Kiki Amaliah berkata:

    Nama: Kiki Amaliah
    Twitter: @kyoungsaeng
    Link: https://t.co/ZbEEGkE7oV
    Domisili: Indramayu

    Dalam kehidupan selalu ada pilihan. Dan aku penasaran bagaimana cara tokoh utama menentukan pilihannya. Semoga Dermaga Masa Lalu bisa memberi kesan tersendiri bagi pembacanya.

    Suka

  9. Nama : Nenti Ratna Ks
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/Nenti_anyun/status/811459158008397824
    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?
    Saya berharap saya dapat membaca novel ini. Saya harap saya menang give away Dermaga Masa Lalu ini. Karena apa? Karena saya penasaran akan Masa Lalu para tokoh di cerita ini. Apalagi Krystal yang di perebutkan dua laki laki. Penasaran bagaimana Krystal menghadapi kedua laki laki itu. Penasaran apakah ending nya Krystal memilih dari salah satu lelaki itu? Intinya saya harap saya yg mendapatkan novel dermaga masa lalu nya, karena masa lalu bikin saya penasaran wkwk.

    Suka

  10. Humaira berkata:

    Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/811474154994049024?p=v

    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?

    Yang aku harapkan tentunya membaca buku ini secara utuh. Biar ga penasaran, soalnya di atas cuma dikasihnya sepotong-sepotong kayak puzzle, mana quote-nya baper-baper lagi, aku kan jadi galau kalau ga baca secara lengkap, pasti puas banget kalo udah baca bukunya.

    Aku pernah masukin ini ke library sewaktu di wattpad, tetiba hp rusak jadi ga bisa baca, tau-tau udah naik cetak aja. Dan sekarang aku lagi baca JOL ( Jurnal Of Love ) di akun wattpadnya ka Asri, dan ini kelanjutan dari dermaga masa lalu. Lah aku dermaga masa lalunya belum baca, mudah-mudahan bisa baca buku ini, biar nyambung dan ga gantung buat baca cerita kelanjutannya.

    Makasih, semoga aku beruntung 🙂

    Suka

  11. Nama: Ana Bahtera
    domisili: Aceh
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/811528580299558912
    JAwaban:

    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?

    Aku sangat berharap bisa berjodoh dengan novel ini melalui giveaway kali ini, karena ingin menikmati masa lalu juga bersama Krystal dan berbagi kenangan yang sama -masih terus menjadi kenangan-kenangan extra- sperti di dalam novel ini. Berharapnya akan banyak mendapatkan quote2 yang akan mengajak hati berdamai akan masa lalu.

    Suka

  12. Esti
    Mjokerto

    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?
    Aku berharap novel ini ada kelanjutannya. Dari resensi ini, aku menangkap konflik yg diangkat dalam novel ini bisa digali lebih dalam. Lebih dipoles sana-sini 🙂
    Jadi endingnya bisa lebih greget, dan mengejutkan pembaca 🙂

    Suka

  13. Rini Cipta Rahayu
    Malang

    Aku berharap kisah ini seperti warna covernya, ungu. Cinta tidak selamanya bahagia (merah) atau sedih (biru) terus menerus tapi juga merupakan perpaduan antara kedua warna tersebut yaitu ungu.
    Dermaga menurutku tempat yang kuat, sebagai tempat untuk tinggal dan tempat yang selalu dituju.
    Aku tidak mengikuti cerita ini di wattpad, tapi dapat gambaran kisah melow romantis. Tertarik banget pengin nyobain novel duet ini. Pengin kenalan juga sama tulisan kak Asri yang bukan review buku hehe

    Suka

  14. Nama: afifah khoiriyah
    Domisili: Yogyakarta
    Link Share: https://twitter.com/Afifah_1412/status/811883724962807808
    Jawaban dari pertanyaan:
    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?
    Kesalahpahaman membuat orang kesulitan berpikir logis, membuat orang menjadi seperi “dipermainkan takdir” padahal yang bermain adalah diri kita sendiri.
    Saya berharap tidak ada orang ya menyalahkan takdir hidupnya. Saya berharap dermaga masa lalu tidak membuat seseorang tefokus pada masa lalunya. Jika memang takdir mengharuskan kita menghadapi masa lalu, jngn pernah salahkan takdir…. Kita hanya blm bisa menghadapi keadaan. Harapan nya saya menjadi orang ya berani mghadapi masa lalu baik itu masa lalu ya baik maupun yg buruk

    Suka

  15. icharnblogspot berkata:

    Nama: Icha Aisyah
    Domisili: Yogyakarta
    Link share: https://twitter.com/icha_arn02/status/812195387377270784
    Jawaban dari pertanyaan:
    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?

    Pertama, semoga novelnya dikirim ke alamat saya 😅 aminnn…
    Kedua, kalau nggak dapet giveawaynya semoga ada yg mau pinjemin hehe, soalnya sepertinya yg dapet yg ditas- atasku itu deh hehe.
    Ketiga, semoga saya bisa baca novel tersebut soalnya kalau baca resensi dari mimin bikin kepo, pengen baca pas bagian krystal kabur, selain itu saya pernah baca novel kak ainun nufus yg kali ke-2 itu Bagus ceritanya, apalagi ada kata” yg bisa dijadiin quotes buat doi *siapa tau bisa peka* bahkan ada part yg bikin aku nangis juga. Jadi rasanya pengen baca biar tau kisahnya si krystal sama dua cowok yg rebutin dia.
    Keempat, kalau nggak dapet di blog ini semoga di blog selanjutnya bisa dapet, amin…
    Kelima, semoga bisa dapet 😂

    Suka

  16. Nurul Astri berkata:

    Nama: Nurul Astri
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/812222186006016000

    Aku harap aku bisa menuliskan kembali kekurangan dan kelebihan Dermaga Masa Lalu di blogku sendiri. Lalu aku ingin menggali kembali tokoh Zico yang sebenarnya. Sepertinya, Zico menyimpan rasa pada Krystal namun kisah mereka terhalang oleh kehadiran Siana? Aku tidak tahu dengan pasti, tapi aku berharap dapat mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini.

    Dan oh iya, aku kepingin mendapatkan novel ini karena kutahu Dermaga Masa Lalu quotable sekali XD Ah, semoga aku beruntung…

    Suka

  17. Rizky Triaa berkata:

    Nama : Rizky Tria Octasiana
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/812259703061237761?p=v
    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?
    Hm, covernya keren ya. Warna ungu, perpaduan antara merah dan biru. Seperti tagline blog ini; Merah ketika marah, biru ketika mengharu. Uhuk :v
    Ada gambar dermaga juga, sekalipun pencipta masalalu sudah pergi tapi kenangan tetap tau kemana jalan pulang.
    Aku berharap, di novel ini banyak quotes-quotes galau gitu. Ceritanya yang mengharu ditambah quotes galau pasti ngena dihati pembaca.
    Lalu di Kenangan #Ekstra, aku berharap dibagian ini diceritakan kenangan yang paling dahsyat diantara para tokohnya.
    Di resensi tertulis “Bagian Krystal “aneh” blahblahbla..—Yah gimana lagi, suami istri.”
    Aku agak kurang paham sih, ini si Krystal pasangannya siapa? Ben kah? Kalo zico gamungkin, dia kan sama Siana. *ehtapi gaktau deeng :3
    Aku berharap aku bisa baca Novel ini secara utuh, biar mengenal lebih dalam karakter para tokoh. Kak Tya ngasih poinnya cuma sepotong-potong. Tapi sudah cukup membuat aku penasaran sama kisah ini, apalagi soal teka-teki duo cogan itu (Zico dan Ben), dan hubungan keduanya dengan Siana —istri Zico?
    And then, (kalo) aku dikasih kesempatan menang, aku juga berharap bisa mengambil pesan tersirat yang penulis sisipkan melalui kisah Krystal ini. Biar bisa kureview juga diblog ku ☺
    Smg harapanku tersemoga, semoga beruntung :v  

    Suka

  18. Nama: Rohaenah
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/812273877556441089
    Jawaban: yang diharapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah baca resensi ini, aku ingin bisa memeluk Zico. Secara aku terawang dia melakukan kesalahan sehingga menyebabkan berpisah dengan Krystal *eh, bener ngga sih kaya begini😮?? Jadi, Zico ama aku aja ya😍
    Aku banyak baca karya ka Ai di wattpad dan selalu suka ama ceritanya. Mudah-mudahan buku ini bisa mendarat dengan mulus di rumahku, Amin☺

    Suka

  19. Nama: Rinita
    Domisili: Jatim
    Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/810945872099872768?p=v

    Q: Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga
    Masa Lalu setelah kamu
    membaca resensi ini?

    A: Review di ataskan kan tentang meminta “kesempatan kedua”, ya mungkin harapanku nggak jauh dari dua kata tersebut. Yaitu, Semoga seseorang yg pernah memiliki problem denganku (entah ada atau enggak, tp setahuku belum ada sih. Atau suatu hari nanti, tp aku harap tidak ada problems dgn siapapun) mau memberikan kesempatan kedua, kalau aku mau minta maaf.

    Suka

  20. Daisy Skys berkata:

    Nama: Daisy S
    Domisili: Semarang
    Link Share: https://twitter.com/Daisy_skys/status/812421535923216386
    Jawaban dari pertanyaan:

    Apa yang kamu harapkan mengenai novel Dermaga Masa Lalu setelah kamu membaca resensi ini?

    Aku berharap dapat menemukan sebuah kisah yang membuatku terhanyut ,memaki sendiri saat membacanya.Mengenal tokohnya dengan lebih spesifik lagi .
    zico dan Ben itu apakah sesuai imajinasiku setelah membaca review lalu membacanya sendiri.
    lalu Krystal yang diperbutkan bak di drama itu membuatku makin penasaran.Akan seperti apa ” Dermaga Masa Lalu” .

    Harapan terbesarku yang paling mendominasi sejak pertama kali membaca review ini ,mungkinkah aku menemukan kisah seperti drama korea 😁😁. Nama tokoh Zico itu bikin aku langsung bayangin Zico yang sangar nan swag lagi ngerapp pakai kacamata item terus Krystal yang aduhai cantik sekali member girlband pula.Aku membayangkan mereka dalam novel ini dan pasti baper deh akunya.Akh ,semoga memang benar mereka .

    Aku sangat mengharapkan komposisi romantisme,Kegalauan,dan sedikit bumbu kekonyolan yang membuat novel ini teracik sempurna lalu bisa membuatku merasakan emosi yang ingin disampaikan novel ini.

    wish me luck 🙏🙏

    Suka

  21. Nama: Rizki Fitriani
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/812443491070418945

    jawaban:
    pertama kali baca review Dermaga Masa Lalu yg ada dibenakku adalah, ini kedia penulis Kpopers ya? hehehee.. harapanku kepada novel ini? well saya belum baca keseluruhan cerita, tp setelah membaca resensi aku berharap akan menemukan pelajaran yg berkaitan dg Masa lalu, aku orangnya susah buat moving forward. berharapnya sih dari cerita ini aku bisa belajar cara melepaskan dan menerima masa lalu dan berbenah diri agar tidak selalu menyalahkan takdir akan jalan hidupku.

    ngena banget. kesalapahaman memang akar dari lahirnya kehancuran.
    Cerita ini benar-benar seperti nyata. Kesalahpahaman membuat orang kesulitan berpikir logis, membuat orang menjadi seperi “dipermainkan takdir” padahal yang bermain adalah diri kita sendiri.

    Suka

  22. Dwita Andhara berkata:

    Nama: Dwita Andhara
    Domisili: Makassar
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/812650076732428288

    Harapannya novel ini bisa di lebih baik lagi dan nantinya bisa hadir di toko-toko buku. Kenapa? Ya, setelah baca review di atas, saya bisa lihat novel ini penilaiannya gak berat sebelah dan apa adanya yah, hehe. Saya jadi tahu kelebihan dan kekurangan novel ini walau tadi sempat berharap juga pas scroll ke bawah itu ada bocoran dikit Krystal milih Zico atau Ben sebenarnya *hahaha penonton kecewa XD. Berdasar review di atas juga saya yakin novel ini bagus, tapi mungkin dengan sedikit permak di bagian tertentu, novelnya akan jauh lebih bagus. Karena pada dasarnya saya juga termasuk yang ketagihan dengan cerita kak Ainun sih (ini minus typonya ^^) jadinya yakin novel ini pun begitu. Pasti baper, apalagi kolaborasi dengan kak Asri, bisa jadi makin baper sama dua cogan, si Zico dan Ben, haha. Jadi harapan mengenai novel ini, kali aja ada cetakan kedua, Dermaga Masa Lalu nantinya bisa ikutan mejeng di toko-toko buku dan jadi best seller. Selain itu saya berharap juga semoga bisa menangin novel ini dulu biar tahu Kriystal sama siapa endingnya lalu ikut baper.

    Suka

  23. Rani W berkata:

    Nama : Rani W
    Domisili : Bandung
    Link Share : https://mobile.twitter.com/raniwidiyansyah/status/812852946744418305?p=v

    Harapannya semoga aku menang novel ini dan bisa mensejajarkannya dengan novelku yang lain. Aku harap kalau memang ada kesempatan membaca, aku bakal menemukan diriku sendiri terhanyut dalam cerita nya, terus aku harap bakal banyak pengajaran tentang menerima, memaafkan, dan pelajaran lain yang bisa di ambil dari masa lalu sesuai judulnya, Dermaga Masa Lalu. Selanjutnya, aku harap novel ini bisa membekas di hati para pembaca nya. Sekian.

    Suka

  24. Nama : Farida Endah
    Domisili : Pacitan Jawa Timur
    Link Share : https://twitter.com/farida271/status/812874567391641600

    Harapan aku setelah membaca resensi Novel ini mengenai novel Dermaga Masa Lalu adalah Cerita tentang masa lalu memang sudah banyak secara umum dan aku rasa novel ini berbeda dari cerita yang lain, untuk ke depannya semoga para penulis nya dan penerbitnya bisa lebih baik dari karya yang sekarang. kami menunggu karya karya selanjutnya dari kak Astri dan kak Nufus.

    Suka

  25. Alfath berkata:

    Nama: Alfath
    Domisili: Sidoarjo Jatim
    Link Share: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/812876584289857536

    Harapan:
    Mudah-mudahan ada edisi revisi untuk membenahi typo yang ada. Meskipun saya tidak tahu berapa banyak eksemplar yang perlu dijual atau atiran tertentu untuk mencetak revisi suatu penerbit, tapi kenyamanan pembaca juga perlu dipertimbangkan. Ini juga dapat meyakinkan calon pembeli agar dapat merasa nyaman dalam membaca bacaan ini. Namun saya tidak keberatan kalau novel ini menjadi hadiah giveaway. Karena siapa pun pemenangnya, akan beruntung mendapat hadiah dan bisa turut segera memberikan masukan saran setelah membaca keseluruhan novel ini. Apalagi ada kata ‘dermaga’ yang identik dengan tempat berlabuh dan bertolak ke perairan. Siapa saja pasti berharap di akhir cerita akan ditentukan dengan jelas ‘dermaga’ mana yang dipilih. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

