[Book Review] #AboutLove by Tere Liye

Jatuh cinta adalah salah satu anugerah terbaik. Cinta memberi kita kesempatan untuk memahami banyak hal. Cinta juga menjadikan kita lebih dewasa, lebih berani, dan bertanggung jawab. Cinta pula yang menjadikan manusia sebagai manusia.

Masing-masing dari kita memiliki kutipan favorit tentang cinta. Satu, sepuluh, atau bahkan seratus kutipan seperti yang ada dalam buku ini bisa menjadi pegangan kita dalam mencinta.

#AboutLove merupakan rangkuman kutipan cinta terfavorit dari Tere Liye.

Selamat menikmati cinta.


image

Cover Novel | Novel Pinjam Perpus | dok. pribadi


Hardcover, 128 pages
Published July 2015 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9786020317786
Literary Awards: Anugerah Pembaca Indonesia Nominee for Buku dan Penulis Non-Fiksi Terfavorit – Shortlist (2015)
Rating: 3,5/5⭐


REVIEW

Buku ini bukan novel walau tebalnya setebal novel. Bukan komik walau isinya bergambar dan berwarna. Bukan pula kumcer walau pun tiap halaman membahas topik berbeda. Apalagi diary, bukan, buku ini bukan diary sekalipun bentuknya emang kayak buku diary (bentuk kayak buku harian, hardcover, kertas berwarna, font-font indah beserta coretan-coretan gambar).

Buku ini berisi kumpulan quotes karya Tere Liye. Seperti yang kita ketahui dari judulnya aja ‘Tentang Cinta’, jadi isinya cinta semua. Hampir semua sih kutipan cinta antara laki-laki dan perempuan, tapi ssingatku ada juga kutipan cinta antar sesama.

Kukira buku ini akan dibuat bab per bab soalnya di awal ada satu halaman penuh berwarna ungu yang hanya bertuliskan #AboutLove berwarna kuning. Ternyata isinya random, nggak dibuat per bab bahas suatu topik, bab selanjutnya bahas topik lain. Dan halaman seperti itu muncul lagi setelah beberapa halaman kemudian.

Baca buku ini tuh asiknya selain ‘bener banget’ isinya, penggambaran cinta juga sering dianalogikan oleh makanan seperti ikan, lengkuas, rendang dll.

image

Rasa cinta ibarat gulai kepala ikan – hlm. 11

Juga selain bikin baper, ada banyak kata-kata sarkastis dan humoris. Like this

image

Jaman sekarang banget! Wkwk. Jangan dicontoh ya, nggak baik buat masa depan.

Setelah membaca hingga selesai, bisa kusimpulkan kalau buku ini lebih memberatkan diri kepada Waktu, Cinta yang Memandang Hati Bukan Fisik, Permasalah Ketika Mencintai Adalah Diri Sendiri, dan Bersabar Menunggu Cinta Datang.

Seingatku ini adalah illustrated book pertama yang kubaca tahun ini. Aku suka ilustrasinya, sesuai sama konten dan juga bagus banget walau kadang modelnya ada yang mirip dan kadang agak membosankan. Salut untuk ilustrator cover dan isi: Orkha Creative. Aku baca yang cover lama, nggak tahu cover baru apa ilustrasinya juga baru.

Oh iya, ada beberapa halaman yang nggak kumengerti maknanya. Terlalu belibet bahasanya. Untung cuma satu atau dua halaman. Dan memang nggak semua hal yang dikatakan lewat buku ini sama dengan pendapatku.

image

Aku nggak setuju dengan ini sekalipun ada kata 'mungkin'. Soalnya aku penganut poin kedua

INFORMATION
Kata banyak orang buku ini mahal. Jelaslah soalnya full colors, hardcover pula. Nah, untuk mengatasi itu, kalian mampirlah ke iJakarta. Ada beberapa copy di sana. Semoga beruntung bisa lekas baca, nggak sampai 2 jam proses bacanya. Beneran.

MY (BAD) RECOMMENDATION
Jangan baca buku ini kalau kamu lagi bahagia-bahagianya berpacaran atau jatuh cinta. Ada banyak kata yang bertolak belakang dengan itu semua.

Bacalah buku ini kalau hati kamu kosong dan sedang patah hati. Akan menyembuhkanmu dan menyadarkanmu.

OVERALL
Cintailah orang dengan sederhana dan dengan dirimu yang apa adanya. Kalau kamu memang tipe yang berjuang, ya perjuangkanlah. Tapi malau kamu tipe yang sukanya mencintai dalam diam, pertahankanlah kesederhanaanmu. Karena cinta nggak cuma soal perjuangan tapi juga pengertian. Dan peka.

Wooy peka wooy! *lah malah curcol 😪

Aku suka buku ini karena, yah, pemikirannya sama kayak aku untuk beberapa bagian. Terutama soal fisik, waktu, dan perasaan yang terlarut dalam mencintai ternyata menyugesti kita untuk mencintai orang lain. Dan itu berbahaya.

Jadi, kalau kalian baca buku ini, semoga tambah dewasa dalam percintaan.😊

image

Setuju soal ini?

Iklan

2 thoughts on “[Book Review] #AboutLove by Tere Liye

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s