[Sabtu Nongkrong] Manfaat Tidur Sebentar di Kelas Bagi Pelajar

Sabtu Nongkrong kali ini didasari oleh kejadian hari Jumat lalu.

Kamis malam saya cuma tidur empat jam karena butuh banyak waktu buat ulangan esok harinya, ditambah saya lagi pengen nulis flashfiction yang topiknya asik banget, saya yang seharusnya bisa tidur sejam lebih awal dari midnight malah jadi tepat midnight.

Pukul setengah empat pagi saya bangun untuk nerusin belajar. Belajar sampai subuh. Terus siap-siap sekolah dan berangkat.

Jam pelajaran pertama saya ulangan. Gurunya sama sekali nggak ngasih toleransi penundaan ulangan. Fyi

, saya merangkum 62 slide power point dan satu bab buku cetak semalaman.

Skip. Ulangan lancar walau banyak jawaban yang kebalik 😭

Setelah istirahat kedua, saya merasa ngantuk banget. Coba kalian ingat, sering nggak merasa kalau jam 11 tuh udara lagi enak-enaknya buat tidur? Anginnya tuh semilir bikin males gitu.

Nah saya yang ngantuk karena kurang tidur juga kena migrain. Alhasil saya berniat tidur pas jam pelajaran biologi. 

“Nanti kalau ada guru, bilang aja aku pusing.” itu kataku sebelum pindah tempat duduk ke samping dinding terus telungkup tidur. Saya benar-benar nggak kuat. 

image

Source: LINE Today 14 Agustus 2016

Teman sebangku saya itu menyanggupi. Sayang saya nggak ngasih tahu kalau saya harus dibangunin ketika guru mendekati meja saya atau ada gerak-gerik bahwa guru mengetahui saya tidur. 

Karena kelalaian saya tersebut, saya terbangun satu jam kemudian (satu jam pelajaran lebih!!) karena suara berisik teman-teman saya.

“Digotong aja yuk. Bawa ke UKS.” dan suara-suara lain. Saya merasa ada orang yang mencolek saya. Saya mengintip takut-takut. Teman sebangku saya pindah duduk ke bangku lain. Holy crap! Semua siswa memandangi saya seakan saya baru bangun dari pingsan. Lalu saya sadar saya ketiduran lama sekali. 😱

Sial… Sial… Saya mengumpati teman saya yang nggak membangunkan saya cepat-cepat. Nggak mungkin kan saya langsung bangun dengan ekspresi segar? Jadi saya pun meneruskan kegiatan saya yaitu tiduran walau saya udah pegel banget tidur duduk gitu dan saya udah nggak migrain lagi.

Guru saya menghampiri saya dan bertanya apa saya masuk angin dan menyarankan saya ke UKS saja. Tentu saja saya tolak. Gimana kalau nanti saya kelihatan banget sehatnya? Bukannya jalan pelan dari kelas ke UKS tapi malah jejingkrakan kayak kuda lumping.

Tiga puluh menit berikutnya bel pelajaran berakhir berbunyi. Lega, saya jadi nggak perlu acting lebih lama. Ketika teman saya kembali ke samping saya. Saya yakin mata saya menatapnya penuh ancaman yang akhirnya tereksekusi menjadi cekikan ketika guru saya keluar kelas. 👿

Kesimpulannya, I’m not a liar. Saya benar-benar pusing dan kurang tidur. I said it to my teacher. Dan kejadiaan ini seharusnya digunakan sebagai bahan rujukan sekolah-sekolah untuk membiarkan anak didiknya tidur sebentar. Tentu saja dengan tujuan yang positif.

image

Source: lovethispic

Kenapa? Karena tidur yang saya rencanakan kemarin itu adalah power nap. Tidur sebentar untuk memulihkan kondisi fisik tubuh. Misal ketika kelelahan, ngantuk, tidak semangat, dsb. Kita sebagai pelajar butuh power nap kurang lebih 15-20 menit. Biarkan kami tidur sementara itu. Ketika waktunya habis, baru bangunkan kami.

image

Source: lovethispic

Power nap ini sangat membantu memulihkan keadaan walau cuma sebentar. Seperti yang dikutip dari Liputan6.com 

Dengan melakukan power nap, otak dan tubuh bisa beristirahat sambil mengisi ulang energi.

image

Source: lovethispic

Tidur di kelas sperti ini telah saya lakukan berkali-kali semasa sekolah tapi baru tanggal 14 lalu—saya ketahui bahwa ini bernama power nap yang memiliki banyak manfaat—dari LINE Today.

image

Source: lovethispic

Karena pengalaman tersebut saya dapat memberi kalian semua saran untuk melakukan power nap ketika tubuh benar-benar kurang fit. Namun jangan jadikan tubuhmu itu sebagai alasan berhenti setiap waktu. Kalau bisa bertahan kenapa nggak? 

Pengalaman tidur di kelas itu juga menyadarkan bahwa saya bisa menjadi sangat segar setelah tidur kilat. Saya merasa dapat berpikir lagi padahal sebelumnya saya merasa sangat lesu. Saya juga merasa dapat semangat baru, mood baik, pekerjaan susah jadi serasa mudah setelah power nap. 😙

Ibarat ponsel, power nap ini seperti power bank. Pengisian sementara untuk menjaga fisik tetap dapat digunakan.

Ragu? Takut ketahuan? Buat niatmu menjadi baik niscaya kamu nggak akan kena masalah. Coba aja kalau nggak percaya soal power nap. Sangaaat disarankan kalau ada jamkos 😝

5 thoughts on “[Sabtu Nongkrong] Manfaat Tidur Sebentar di Kelas Bagi Pelajar

  1. Hastira berkata:

    memang betul ya, manfaatnya, wah kok berani ya tidur di kelas,aklau akudulu bilang sakit dan tidur di UKS lumayan dapat satu pelajaran tidur

    Suka

  2. Baru tau namanya power nap, btw bukan pelajar juga loh, bahkan para pekerja kantor pun begitu
    Temanku di Jepang juga bilang, waktu dia di kantor saat jam istirahat, dia gunakan waktu makan & tidur 10 menit untuk membangkitkan kembali gairah kerjanya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

