[Book Review] Aidoru no Sekai ni Yoroshiku! – by Orihara Ran

image

Bunga Sakura yang Mekar di Tokyo

“Berdoa pada Tuhan, percaya pada diri sendiri, kalahkan, singkirkan, hancurkan, dan remukkan rintangan itu. Dan yang terakhir, tersenyumlah menuju kemenangan!” Ia mengucapkan motonya di dalam hati…

***

Gadis desa yang ceria, kuat, dan rendah hati itu bernama Sakurada Mine. Ia dibesarkan seorang diri oleh kakeknya, Sakurada Hiroshi, di sebuah desa yang berjarak lima belas mil arah selatan kota Nara, Distrik Kinki, Jepang. Selama dalam asuhan sang kakek, Mine tidak pernah tahu bahwa lelaki tua itu adalah veteran jagat hiburan Jepang yang memiliki pesona dan kekuasaan lebih dari lima puluh tahun. Pun, ia tidak pernah tahu bahwa kedua orang tuanya, Sakurada Youji dan Maki Ema, adalah pasangan artis berbakat yang meninggal di puncak kariernya sebab kecelakaan.

Hingga suatu hari, tepat saat ia genap berusia lima belas tahun, sang kakek menghilang dari rumah. Ia hanya meninggalkan sepucuk surat yang menerangkan siapa jati diri Mine sesungguhnya dan apa yang harus dilakukannya guna membersihkan nama keluarga Sakurada yang sempat tercoreng saat Mine dilahirkan.

Berbekal petunjuk itu, Mine berangkat menuju Tokyo. Dengan menyamar sebagai Fukuda Mine. Ia berusaha keras untuk menjadi artis besar dengan memasuki sekolah khusus para artis: A Gakuen. Tujuannya satu: membersihkan nama keluarga Sakurada seperti yang diamanatkan kekeknya.

Mampukah Mine mewujudkan misinya? Akankah ia kembali bertemu dengan sang kakek? Bagaimana pula kisah cintanya dengan salah seorang artis papan atas Jepang?

Ikuti petualangannya dalam novel yang tak sekadar menyajikan cerita berlatar kehidupan para kaum muda Jepang saja ini, tetapi juga lebih segar sebab disajikan dengan bahasa yang lincah khas komik yang diramu dengan alur laiknya kisah detektif. Membuat siapa pun tak akan bosan membacanya.

Selamat membaca, selamat tertawa sekaligus tercengang bersama novel yang menjanjikan “rasa” yang berbeda ini!

Paperback, 496 pages

Published January 2012 by DIVA Press

Original TitleAidoru no Sekai ni Yoroshiku!: Bunga Sakura yang Mekar di Tokyo

ISBN13 9786021911549

REVIEW

Covernya kurang sesuai, bajunya itu lho. Dalam bayanganku itu baju warna putih dengan rok dan pin di salah satu lengan. Seragam sekolah A Gakuen gitu.

Novel beneran seru, banyak mengundang tawa dan berpikir keras karena penasaran dengan setiap teka-teki. Sebutan novel misteri memang kurang cocok, tapi di dalam sini banyak kasus kehidupan Mine yang harus dipecahkan sama seperti cerita misteri-detektif. Itu hal yang bikin tercengang dan kagum.

Awal cerita saya dibikin terkesan hanya dengan empat halaman. Tokoh utama dan penokohannya yang dihidupkan sangat ramai, bar-bar sekali, keras, tapi menyenangkan. Kemudian tokoh Kakek Hiroshi yang memukul Mine hingga pingsan hanya untuk membuat Mine diam itu langsung membuat saya tertawa, ckckck gila. Ini… Hahaha!

Pembawaan cerita yang apa adanya terkesan ceplas-ceplos, bagus sekali untuk karakter Mine yang polos.

Setting Jepangnya kurang ditonjolkan dengan deskripsi-deskripsi (yang biasanya keliatan rumit). Tapi itu malah membuat saya tak perlu berpikir keras membangun suatu tempat dalam bayangan. Cukup dengan percaya bahwa itu adalah kehidupan di Jepang. Selingan kosakata Jepang juga sering dimunculkan di novel ini. Membuat pembaca bertambah ilmunya.

Alur yang tidak cepat dan tidak lambat. Nggak ada masalah sih menurut saya, semuanya menceritakan bagaimana Mine yang berada di titik nol berusaha menjadi artis hebat. Bagaimana Mine menyelesaikan masalah-masalahnya, membuka teka-teki yang disembunyikan di naskah (teka-teki yang harus dipecahkan agar ia bisa menjiwai perannya). Benar-benar menarik kan? Belum pernah ada nih yang buat cerita artis remaja dibalut detektif model beginian!

Sudut pandang orang ketiga serba tahu juga menambah ramai cerita, banyak pikiran dan perasaan orang lain yang disampaikan, walau masih melulu soal Mine. Ya jelas wong dia tokoh utama

Tokoh favorit saya itu Kepala Sekolah A Gakuen. Sumpah ya, itu kakek nyentrik abis. Dengan hobi cosplay (costume play) dan memata-matai cucunya (Ichi), Mine, dan Hyogo berhasil membuat saya terhibur. Apalagi ketika memata-matai bersama kakeknya Mine, beuh! Tambah gila mereka berdua.

Minus dari salah satu karya Orihara Ran ini tidak diceritakan tentang kehebatan ortu mine. Padahal sering dipuji kalau acting mereka bagus. Bahkan menjadi pasangan terbaik.

Keren! Teka-teki, penokohan, dan pembawaan yang luar biasa. Saya sampai pengen juga bisa jadi aktris yang acting luar biasa kayak Mine.

Btw, tema detektif juga ada di novel selanjutnya kan? Yang Doki Doki Game, bukan? Hmmm udah sempat saya incar itu. Must read pokoknya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s