I Love Your Secrets by Serenata Kedang

image

“Don’t judge a book by its cover. But see the cover, is that make you interest?”

Olret, buku yang ku-review ini adalah buku hadiah kuis yang diselenggarakan oleh nulisbuku.com dan kak Serenata Kedang.

Waktu liat cover di ava kak Serenata, aku kira ini novel horor atau misteri. Sama sekali nggak ngeh sama judulnya yang jelas-jelas “I Love Your Secrets”. Tapi emang kayak serem-serem gitu kok penampilannya, coba deh cermati. Perpaduan warna hitam dan biru, terkesan gelap, kayak di hutan (liat rumput-rumputnya deh). Aku malah ngebayangin setting Hogwarts -_- #haddehh

Terus soal ilustrasi, aku nebak ini pasti Alex sama Ariel. Ya, kan? 😉 Wajahnya udah bagus, cuman rambut si cowok rada aneh keliatan jadi lucu, bahunya kurang proporsional, gede satu ya? Tangan kanan si cewek, lengan bajunya kayak sobek alias pewarnaannya kurang penuh. Kelebihan dari cover ini, muka dua orang itu kece semua 😜 Aku bisa membayangkan karakter Ariel dan Alex cocok dengan ilustrasi ini.

Font-nya nggak kekecilan, nggak juga kegedean, enak di baca. Nggak ada maslah buatku. Sempurna dan sederhana.

Ih, elo kok kebanyakan komen sih! Mian ne. Sekarang mau bahas isi kok, sabar ya cuy. 😋

“Di dalam diri kita selalu ada kisah hebat menunggu untuk dituliskan”—NULISBUKU.COM

Yak tul! Maka, inilah review saya.

***

Ariel tahu hidupnya tidak akan sama lagi ketika dipertemukan dengan Alex. cowok penuh misteri itu mendekatinya, mengajaknya pacaran hingga berujung pada pernikahan dadakan. Ariel mencintai Alex, walaupun cowok yang sudah berstatus suaminya itu masih memiliki banyak rahasia yang tidak diceritakannya pada Ariel. Salah satu rahasia terbesarnya adalah keluarganya sendiri. Entah mengapa, Alex selalu marah dan menolak untuk membicarakan kematian kakak kandungnya, Shelby.

Namun, cintanya pada Alex sangat tulus hingga ia terus meyakinkan bahwa suatu hari nanti suaminya akan membuka diri. Empat tahun menunggu, akhirnya Ariel mulai menemukan kepingan-kepingan rahasia yang ia temukan sendiri.

Akankah Alex membuka seluruh rahasianya pada Ariel, bahkan rahasia terkelam sekalipun?

Novel ini mengisahkan kesungguhan hati seorang perempuan dalam mencintai serta luka batin yang membayangi kehidupan cinta seorang lelaki.

BIODATA BUKU

I Love Your Secrets
Penulis: Serenata Kedang
Penerbit: Nulis Buku

SINOPSIS

Diceritakanlah tentang laki-laki bernama Alexander Mercury sebagai tokoh utama yang memiliki sebuah masa lalu terpahit namun terpanjang dalam hidupnya. ia adalah seorang playboy di jaman kuliahnya, kemudian ia bertemu dengan Ariel. Di matanya, Ariel itu beda, ia memandang Ariel dengan perasaannya, tidak sama saat mendekati perempuan lain hanya untuk bersenag-senang. Maka merekapun berpacaran, setelah Ariel lulus kuliah, mereka langsung menikah. *kamu bisa nebak sendiri, kenapa*

Dalam pernikahan itu, Ariel sama sekali nggak tahu apa-apa tentang keluarga Alex. dia selalu penasaran, tapi ketika bertanya ke Alex, ia malah dimarahi dan diminta untuk tidak membahas kenangan. Terlebih kenangan kakaknya, Shelby.

Karena tidak tahan, ia mencari jawabannya sendiri setelah menemukan clue. Dan ia menemukan alasan kenapa Alex bersikap tertutup tentang keluarganya.

Jawaban sudah di tangan, tapi Ariel bingung bagaimana mau ngomong ke Alex? Bagaimana ia harus bersikap setelah mengetahui kenangan buruk itu?

Tapi, yang namanya cinta tulus ternyata memang bisa membuat seseorang berani. Ariel pun bertanya dan terjadilah perputaran sinema kenangan Alex bersama keluarganya.

“I Love You, always and forever.”

***

Jujur, aku shock. Astaga, cerita beginikah yang disajikan penulis? Ini sama sekali di luar bayanganku. Nggak kuduga aku akan baca cerita bertema inses! (Nggak tau inses? Itu, hubungan intim antar saudara) WOW! Tapi aku salut, penulis sangat berani mengangkat tema sesensitif ini sekaligus penjelasan-penjelasannya.

Alur yang ditampilkan adalah alur maju mundur cantik #plak. Untuk menguak rahasia memang dibutuhkan alur mundur biar tahu duduk permasalahannya. Namanya rahasia, pasti bikin terkaget-kaget sama kenyataannya dan penulis sukses membuat saya melongo karena isi diary Shelby dan kenangan-kenagan itu.

Bahasan diawal-awal cerita itu “bahaya” bagiku maka dari itu banyak yang sengaja aku lewati biar aku nggak kena radiasi. 😀 *selamat berambigu*

Tapi semakin lama, semakin normal dengan lebih menceritakan tentang kehidupan Ariel mengurus anak. Dan aku sangat lebih nyaman dengan kenormalan ini.

Overall, aku suka. Aku penyuka cerita tanpa memandang genre, kalau ceritanya asik, pasti aku suka, tapi genre tetap penting untuk pembatas bacaan. Makdarit, cerita ini udah bagus, suka sama karakter Alex yang cool 😅, tapi aku kurang suka sama Ariel pas kuliah. Terlalu responsif, ya, itu seleraku sih. Entah dengan selera kalian. Kara aku juga suka, dia tipe sahabat yang setia, awalnya kukira bakal ada perebutan Alex antar dua cewek bersahabat ini, tapi ternyata enggak, syukurlah. Soalnya itu kan klise banget.

Aku juga nebak sambil bertanya-tanya apa Alex akan membalas dendam juga kepada Alexa—anaknya? Setiap kali menemukan Alexa ditinggal sebentar oleh Ariel, aku jadi langsung deg-degan, jangan-jangan setelah ini Ariel akan menemukan Alexa dengan keadaan habis dibalas? Tapi lagi-lagi aku lega, nggak ada yang gituan! Alex benar-benar mencintai Ariel dan Alexa. Dia itu bapak yang bertanggung jawab.
Terus, aku cuma ngerasa nggak nyaman aja sama kenangan-kenangan yang sangat vulgar itu. *Maapin saya ya Allah.* Ceritanya udah sukses bikin aku melongo terkaget-keget, shock, nggak nyangka.

Aku bisa menyimpulkan amanat dari buku ini:
· Jangan suka menganak-emaskan anakmu sendiri, lalu engkau tidak percaya kepada anakmu yang lain. Bersikapl adillah.
· Bersikaplah terbuka pada pasanganmu, jika itu yang dibutuhkan dalam mempertahankan hubungan.
· Pertanggung-jawabkanlah pada akibat dari perilakumu
· Maafkanlah dirimu, agar kau tenang menjalani kehidupan baru.

“I Love your past. I love your secrets, even the darkest one. I loved yo, I still do and will always do. Selamanya.”

                                                                       The last, 3 STARS FOR THIS NOVEL. Good job kak Serenata! Novel selanjutnya kalau boleh, saya request jangan terlalu vulgar lagi kak. Hehehe.

FYI, novel ini berkategori New Adult atau malah Adult alias untuk yang mulai dewasa, setidaknya udah kuliah. Kurang disarankan untuk dibaca oleh teen. Tapi aku kok baca? Ya, karena novel pemberian, harus dihargai dong.

Btw, kenapa bisa kebetulan nama tokohnya sama seperti nama samaran seseorang di masa laluku, ya? Apakah ini pertanda? Yuks cek juga pengalamanku tentang masa lalu yang berhubungan dengan #ILYS di sini

Maaf banyak salah, atau malah spoiler, dan nggak mudeng. Mohon kritik dan saran di kolom komentarnya. Terima kasih.

***

Kepada kak Serenata Kedang, maaf baru saya posting reviewnya. Saya luoa padahal udah direview jauh-jauh bulan.

Iklan

2 thoughts on “I Love Your Secrets by Serenata Kedang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s